PANDUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII
- Mengamati carta/video tentang pertumbuhan pada makhluk hidup, mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
- Menyusun rancangan, melakukan percobaan, mendiskusikan hasil percobaan serta menyusun laporan tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
- Mempresentasikan/menuliskan dalam log-book/buku kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
- Melakukan percobaan uji enzim katalase , fermentasi alkohol dan percobaan fotosintesis untuk menemukan sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme
- Mendiskusikan tentang sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan anabolisme meliputi bahan, proses, hasil dan tempat berlangsungnya
- Menyimpulkan hasil diskusi, pengamatan percobaan dan memperesentasikan tentang sifat-sifat, cara kerja enzim
- Mengamati diagram/ gambar/film struktur DNA, RNA, dan kromosom serta semua aktivitasnya (replikasi, transkripsi dan translasi)
- Membahas tentang bagaimana keterkaitan antara sistesa protein dan pembentukan sifat makhluk hidup
- Mengamati berbagai sifat morfologis pada Mahluk hidup, misalnya, berbagai bentuk dan warna bunga, bulu pada tubuh hewan, warna dan bentuk rambut pada manusia
- Mensimulasikan hubungan antara sintesis protein dengan pembentukan sifat pada mahluk hidup dengan melakukan analisis suatu DNA makhluk serta menggambarkan sifat yang dibentuk menjadi suatu ujud makhluk hidup
- Mengkaji literatur tentang mitosis dan meiosis meliputi tujuan, proses/tahapan, hasil, tempat berlangsung
- Mengaitka hubungan antara pembelahan mitosis dan meiosis/ gametogenesis dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya berdasarkan pengamatan gambar/diagram/film
- Menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antara: Mitosis dan meiosis.Ssrta perbedaan Oogenesis dan spermatogenesis.
- Pembentukan sifat pada anak gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya.
- Mengomunikasikan hasil diskusi dan kesimpulannya
- Melakukan studi literatur tentang pewarisan sifat menurut Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel serta istilah-istilah : Allel, genotip, fenotip dan gamet
- Mengamati keanekaragam gen, dan jenis pada lingkungan sekitar (keluarga, teman sekolah, tetangga, dll) dan mendiskusikan bagaimana hal tersebut dapat terjadi
- Menerapkan pemahaman tentang pola pewarisan sifat menurut Mendel dengan membuat skema persilangan monohibrid, dihibrid
- Membuat kesimpulan tentang persilangan menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
- Membuat laporan tertulis hasil percobaan persilangan dengan kancing /baling-baling genetika menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
- Menyimpulkan pola pewarisan sifat non Mendelian didasarkan pada hasil pengamatan adanya kenyataan sifat-sifat pada anak yang tidak sama atau menyimpang dari kedua orang tuanya
- Menerapkan konsep gen letal, pautan, pautan sex, pindah silang dan gagal berpisah dalam menyelesaikan persoalan dengan latihan soal
- Mengaitkan adanya perbedaan variasi dalam satu keturunan dengan pola pewarisan sifat Mendelian
- Menyimpulkan bahwa ada pewarisan sifat non Mendelian
- Mempresentasikan hasil diskusi dan latihan soal
- Membaca peta silsilah Ratu Victoria dan mengaitkan dengan pola-pola penurunan sifat heredite
- Membuat analisis bagaimana penurunan sifat hemofilia dari peta silsilah Victoria
- Menyimpulkan tentang penurunan sifat-sifat pada mahkluk hidup (Golongan darah, cacad dan penyakit, jenis kelamin)
- Menerapkan konsep penurunan sifat penyakit menurun dan golongan darah dan jenis kelamin dalam menyelesaikan persoalan
- Membahas mekanisme pewarisan penyakit menurun dan golongan darah
- Menyusun peta silsilah keluarga
- Mempresentasikan hasil hasil diskusi tentang pewarisan sifat pada manusia
- Membahas tentang mutasi berdasarkan pengamatan tayangan/ gambar mutan pada tumbuhan, hewan, dan manusia
- Membahas mekanisme dan penyebab mutasi (proses, faktor penyebab, hasil dan dampak mutasi) yang menyebabkan timbulnya variasi dan kelainan pada makhluk hidup
- Menganalisis dampak positif dan negatif mutasi dan mempresentasikan hasilnya
- Mengamati berbagai fenomena variasi morfologi , misalnya variasi bentuk paruh burung finch, cakar berbagai burung, warna sayap ngengat Biston betularia, sayap kumbang kelapa dari Manado
- Mendiskusikan teori-teori asal usul Mahkluk hidup dihubungkan dengan pohon Filogeni Mahkluk hidup
- Mengaitkan hubungan antara variasi dengan proses mutasi dan kompetisi serta adaptasi
- Mengaitkan terjadinya variasi makhluk hidup sebagai dasar terjadinya proses evolusi
- Menyimpulkan hasil diskusi dan kajiannya tentang teori evolusi dan mempresentasikannya
- Mengamati berbagai produk-produk bioteknologi melalui tayangan video/gambar
- Membahas tentang bioteknologi (bahan, proses, produk, dampak)
- Membuat rencana dan melaksanakan pembuatan produk bioteknologi konvensional dan menyusun laporan
- Simulasi DNA Rekombinan dengan menggunakan puzzle
- Membuat kesimpulan hasil diskusi tentang dampak bioteknologi dan mempresentasikannya
0 Response to "PANDUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII "
Posting Komentar