Alat – Alat Peredaran Darah

Advertisement


Advertisement
Pembahasan mengenai sistem peredaran darah, tentu tidak lepas dengan alat peredaran darah. Alat – alat peredaran darah terdiri atas jantung dan pembuluh – pembuluh darah.


Alat Peredaran Darah

1. Jantung

Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Letaknya adalah di dalam rongga dada,di atas diafragma. Jantung tersusun atas perikardium (selaput pembungkus jantung), miokardium (otot jantung), dan endokardium (pembatas ruang jantung).
Jantung manusia terbagi menjadi empat ruang, yaitu serambi (atrium) kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel) kiri, dan bilik kanan. Bilik memiliki dinding lebih tebal dibandingkan serambi. Bilik kiri juga lebih tebal dibandingkan bilik kanan. Hal ini berkaitan dengan fungsi bilik kiri untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Antara serambi kiri dan bilik terdapat katub dengan dua daun (valvula bikuspidalis) serta antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup dengan tiga daun (valvula trikuspidalis). Kedua katup itu berfungsi mencegah darah dari bilik berbalik arah kembali ke serambi.


2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan saluran untuk mengalirkan darah dari jantug dan menuju jantung. Atas dasar itu, pembuluh darah dbedakan menjadi pembuluh darah nadi, pembuluh balik, dan pembuluh rambut.

a. Pembuluh Nadi (Arteri)

Pembuluh Nadi atau arteri merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung. Arteri berdinding tebal dan elstis serta memiliki satu katup tepat di luar jantung. Arteri pada jantung dibedakan menjadi aorta dan arteri pulmonalis. Aorta adalah arteri besar yang mengalirkan darah kaya oksigen keluar dari bilik kiri jantung menuju seluruh jantung. Adapun arteri pulmonalis adalah arteri yang mengalirkan darah yang kaya karbon dioksida keluar dari bilik kanan  jantung menuju paru – paru.

b. Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh balik atau vena berfungsi mengalirkan darah menuju jantung. Vena berinding tipis dan tidak elastis. Di sepanjang pembuluh ini terdapat katup yang mencegah darah berbalik arah. Pembuluh balik dari seluruh tubuh bermuara pada pembuluh balik besar (vena kava) yang masuk ke jantung melalui serambi kanan. Pembuluh balik membawa darah yang kaya akan karbon dioksida, kecuali vena pulmonalis. Vena pulmonalis membawa darah yang kaya oksigen dari paru – paru menuju serambi kiri jantung.

c. Pembuluh Rambut (Kapiler)

pembulh rambut atau kapiler merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju atau dari sel – sel tubuh. Pembuluh ini berhubungan langsung dengan sel – sel tubuh. Dinding kapiler sangat tipis dan berfungsi untuk pertukaran zat. Ujung pembuluh nadi terkecil (arteriola) dan ujung pembuluh balik terkecil (venula) berhubungan dengan kapiler.



Sumber:
Henny, Riandari.(2009).Theory and Application of Biology for Grade XI of Senior High School and Islamic Senior High School. Evvo Bilingual: Solo.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat – Alat Peredaran Darah"

Posting Komentar