Sel : Rangkuman Biologi SMA Kelas XI

Advertisement


Advertisement
Jika diamati dengan menggunakan mikroskop, seluruh makhluk hidup, baik yang mikroskopik maupun makroskopk, tersusun dari bagian – bagian kecil yang disebut sel. Sel merupakan tingkatan struktural kehidupan terendah, yang memiliki seluruh sifat kehidupan, seperti reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan, pemanfaatan energi, respon terhadap lingkungan, homeostasis (pengaturan tubuh), dan adaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya.

Sel

Di dalam sel, keteraturan kehidupan diatur pada tingkat molekuler. Pada organisme multiseluler seperti tumbuhan dan hewan, terjadi kerja sama berbagai jenis sel yang terspesialisasi dan bergabung membentuk tingkatan struktural kehiduppan yang lebih tinggi, yaitu jaringan, organ, dan sistem organ.

Pengertian Sel

SEL adalah satuan unit terkecil dari kehidupan. Kata "sel" itu sendiri dikemukakan oleh Robert Hooke yang berarti "kotak-kotak kosong", setelah ia mengamati sayatan gabus dengan mikroskop. Selanjutnya disimpulkan bahwa sel terdiri dari kesatuan zat yang dinamakan Protoplasma. 

Istilah protoplasma pertama kali dipakai oleh Johannes Purkinje. Menurut Johannes Purkinje protoplasma dibagi menjadi dua bagian yaitu Sitoplasma dan Nukleoplasma. Robert Brown mengemukakan bahwa Nukleus (inti sel) adalah bagian yang memegang peranan penting dalam sel. Rudolf Virchow mengemukakan sel itu berasal dari sel (Omnis Cellula E Cellula).

Tipe Sel 

Secara struktural, terdapat dua tipe sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Setiap makhluk hidup tersusun dari salah satu tipe sel tersebut. Organisme yang memilki sel prokariotik, yaitu Archaebacteria, Eubacteria, dan Cyanobacteria. Organisme yang memiliki sel eukariotik, yaitu protista, fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan).

Berdasarkan ada & tidaknya membran inti sel dibagi menjadi :

1. Prokariotik, misalnya Bakteri dan Alga biru (Cyanophyta)

  • Tidak memiliki inti sel yang jelas karena tidak memiliki membran inti sel yang dinamakan nucleoid
  • Dinding sel tersusun atas senyawa peptidoglikan
  • Diameter sel antara 1-10 mm
  • Mengandung 4 subunit RNA polymerase
  • Susunan kromosomnya sirkuler

2. Eukariotik, misalnya tumbuhan dan hewan

  • Memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti dan dinamakan nucleus
  • Membran selnya tersusun atas senyawa lipoprotein, sisi tengah berupa fosfolipid
  • Diameter selnya antara 10-100 mm
  • Mengandung banyak subunit RNA polymerase
  • Susunan kromosomnya linier

Struktur Sel dan Fungsinya

Sel memiliki bagian – bagian dan organel – organel yang berbeda bentuk, ukuran, struktur, dan fungsinya. Untuk mengkaji komponen organel sel dan fungsinya, ahli sitologi menggunakan pendekatan biokimia yang disebut fraksional sel, untuk mengisolasi komponen – komponen sel yang ukurannya berbeda.

Secara anatomis sel dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Selaput Plasma (Membran Plasma atau Plasmalemma)
  2. Inti Sel (Nukleus)
  3. Sitoplasma dan Organel Sel 

Penjelasan mengenai ketiga bagian ini akan cukup panjang, jadi saya pisahkan ke postingan yang berbeda. Silahkan kunjungi pembahasan ketiganya dengan mengklik link tersebut.



Tim Penyusun :
Bimbel Clinic Genius
Jl Pulo Laut No. 40 Phone : (022) 4230715


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sel : Rangkuman Biologi SMA Kelas XI"

Posting Komentar