KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 9 SMP
SOAL ULANGAN UMUM IPA BIOLOGI MID SEMESTER 1 
MATERI  |    INDIKATOR  |    NO    SOAL  |   
1  |    2  |    3  |   
Sistem   Ekskresi pada manusia  |   Disajikan   gambar nefron  ginjal, siswa dapat   menjelaskan proses filtrasi yang terjadi pada bagian yang ditunjuk.  |   1  |  
Disajikan   gambar penampang ginjal, siswa dapat menjelaskan  nama bagian ginjal  yang ditunjuk.  |   2  |  |
Diberikan   tabel pasangan organ ekskresi secara acak dengan sekretnya, siswa dapat   menentukan dengan tepat pasangan yang benar.  |   3  |  |
Siswa   dapat menjelaskan gangguan proses ekskresi akibat penyakit / kerusakan pada ginjal  |   4  |  |
Siswa   dapat menjelaskan proses pembentukan urine pada tahap augmentasi  |   5  |  |
Siswa   dapat menjelaskan urutan jalannya urine dengan benar  |   6  |  |
Siswa   dapat menjelaskan gangguan prosespernapasan    akibat penyakit / kerusakan pada paru-paru  |   7  |  |
Siswa   dapat menjelaskan fungsi paru-paru sebagai organ ekskresi  |   8  |  |
Siswa   dapat menyebutkan organ yang berfungsi menghasilkan bilirubin  |   9  |  |
Siswa   dapat menyebutkan lapisan kulit yg berfungsi melindungi jaringan di bawahnya  |   10  |  |
Sistem   Reproduksi pada manusia  |   Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi bagian organ reproduksi pria  |   11  |  
Diberikan   gambar anatomi organ reproduksi pada wanita, siswa dapat menentukan dengan   tepat dari fungsi yang dipaparkan.  |   12  |  |
Siswa   dapat menyebutkan nama hormone yang mempengaruhi masa pubertas pada laki-laki    |   13  |  |
Siswa   dapat menjelaskan proses pembentukan gamet  |   14  |  |
Disajikan   data penyakit kelamin, siswa dapat menentukan gangguan atau penyakit pada   organ reproduksi  yang menular   |   15  |  |
Siswa   dapat menjelaskan pengertian menstruasi dengan benar  |   16  |  |
Siswa   dapat menjelaskan proses pembentukan sel sperma  |   17  |  |
Siswa   dapat menjelaskan fungsi plasenta dengan benar  |   18  |  |
Siswa   dapat menyebutkan saluran reprodusi pria secara urut Siswa dapat menjelaskan   fungsi plasenta dengan benar  |   19  |  |
Siswa   dapat menjelaskan  Peristiwa pelepasan sel telur dari ovarium  |   20  |  |
Sistem   Ekskresi pada manusia  |   Siswa   dapat menyebutkan tempat berlangsungnya reabsorbsi pada proses pembentukan   urine  |   21  |  
Siswa dapat   menyebutkan zat yang memberi warna kuning pada urine dan feses  |   22  |  |
Siswa   dapat menjelaskan nama penyakit dengan cirri adanya endapan kalsium di   kantong kemih  |   23  |  |
Sistem   Reproduksi pada manusia  |   Siswa   dapat menyebutkan  Penghasil ovum pada alat reproduksi wanita  |   24  |  
Siswa   dapat menyebutkan tempat pematangan sperma pada system reproduksi pria  |   25  |  |
Sistem   Ekskresi pada manusia  |   Siswa dapat menjelaskan proses   pembentukan urin secara urut.  |   1  |  
Siswa   dapat menyebutkan 4 alat ekskresi pada manusia dan zat yang dikeluarkan  |   2  |  |
System   reproduksi pada manusia  |   Siswa   dapat menjelaskan beberapa perilaku yang berisiko menularkan AIDS.  |   3  |  
Cara   pemberian muatan listrik  |   Disajikan   sebuah gambar benda yang didekati benda bermuatan, siswa dapat menjelaskan   cara memberi muatan listrik pada sebuah benda tersebut  |   PG  |  
Siswa   dapat menjelaskan mengenai bagian-bagian atom  |   Isian   singkat  |  |
Muatan   listrik  |   Disajikan   gambar peristiwa pemuatan listrik pada benda, siswa dapat menyebutkan jenis   muatan yang terjadi dan menjelaskan arah perpindahan electron antar benda   tersebut  |   PG  |  
Sifat   muatan listrik  |   Disajikan   gambar beberapa benda bermuatan, dengan mengetahui interaksinya siswa dapat   menentukan jenis muatan pada benda-benda tersebut  |   PG  |  
Disajikan   gambar elektroskop, siswa dapat menunjukkan gambar elektroskop yang benar   jika didekati benda bermuatan listrik  |   PG  |  |
Gaya   elektrostatik  |   Siswa   dapat menghitung besar gaya elektrostatik antara dua buah benda yang   bermuatan listrik jika besaran lainnya diketahui  |   PG  |  
Siswa   dapat menjelaskan  hubungan antara gaya   dengan besar muatan listrik  dan jarak   antara benda bermuatan tersebut  |   Isian   singkat  |  |
Arus   listrik  |   Disajikan   gambar  tentang konsep arus listrik,   siswa dapat menjelaskan konsep arah arus listrik dengan benar.  |   PG  |  
Siswa   dapat menjelaskan alat unruk mengukur kuat arus listrik dengan benas  |   Isian   singkat  |  |
Siswa   dapat membaca ukuran yang tertera pada    amperemeter  |   PG  |  |
Siswa   dapat menghitung beda potensial listrik dalam suatu rangkaian jika besaran   lainnya diketahui  |   PG  |  |
Rangk   seri paralel  |   Siswa   dapat menentukan rangkaian seri-paralel dengan hambatan total terbesar atau   terkecil  |   PG  |  
Disajikan   tabel antara kuat arus listrik, beda potensial dan hambatan listrik, siswa   dapat membaca hubungan antara ketiganya.  |   PG  |  |
Hukum   ohm  |   Disajikan   gambar rangkaian listrik, siswa dapat menghitung arus listrik yang mengalir   pada rangkaian tersebut   |   PG  |  
Siswa   dapat menjelaskan mengenai hukum ohm  |   Isian   singkat  |  |
Daya hantar listrik  |   Disajikan   beberapa kelompok bahan berdasarkan daya hantar listriknya , siswa dapat   menidentifikasi bahan yang dapat digunakan sebagai konduktor dan isolator  |   PG  |  
Disajikan   beberapa pernyataan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi   hambatan pada kawat penghantar  |   PG  |  |
Hk   kirchoff  |   Disajikan   gambar rangkaian, siswa dapat menghitung besar I tiap-tiap cabang berdasarkan   I masuk = I keluar  |   PG  |  
Disajikan   gambar rangkaian hambatan listrik seri-paralel, siswa dapat menghitung besar   I tiap-tiap cabang  |   uraian  |  |
Hambatan   pengganti  |   Disajikan   gambar rangkaian hambatan seri- parallel, siswa dapat menghitung besar   hambatan total pada rangkaian tersebut  |   PG  |  
GGL,   sumber tegangan  |   Siswa   dapat menjelaskan salah satu fungsi saklar  |   PG  |  
Siswa   dapat menghitung GGL total pada sebuah rangkaian  |   PG  |  |
Siswa   dapat menjelaskan perubahan energi pada accumulator  |   Isian   singkat  |  |
Disajikan   data macam-macam elemen, siswa dapat mengidentifikasi mengenai jenisnya  |   PG  |  |
Siswa   dapat menjelaskan bagian-bagian elemen kering  |   uraian  |  |
siswa   dapat menghitung kuat arus dan tegangan jepit pada rangkaian tertutup, jika   ggl, hambatan luar dan hambatan dalam diketahui  |   PG  |  
SILAHKAN KLIK INI UNTUK LATIHAN 01
SILAHKAN LAGI KLIK INI UNTUK LATIHAN 02
SILAHKAN LAGI YE KLIK INI UNTUK LATIHAN 03
0 Response to "KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 9 SMP"
Posting Komentar