KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 9 SMP

SOAL ULANGAN UMUM IPA BIOLOGI MID SEMESTER 1
MATERI | INDIKATOR | NO SOAL |
1 | 2 | 3 |
Sistem Ekskresi pada manusia | Disajikan gambar nefron ginjal, siswa dapat menjelaskan proses filtrasi yang terjadi pada bagian yang ditunjuk. | 1 |
Disajikan gambar penampang ginjal, siswa dapat menjelaskan nama bagian ginjal yang ditunjuk. | 2 | |
Diberikan tabel pasangan organ ekskresi secara acak dengan sekretnya, siswa dapat menentukan dengan tepat pasangan yang benar. | 3 | |
Siswa dapat menjelaskan gangguan proses ekskresi akibat penyakit / kerusakan pada ginjal | 4 | |
Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan urine pada tahap augmentasi | 5 | |
Siswa dapat menjelaskan urutan jalannya urine dengan benar | 6 | |
Siswa dapat menjelaskan gangguan prosespernapasan akibat penyakit / kerusakan pada paru-paru | 7 | |
Siswa dapat menjelaskan fungsi paru-paru sebagai organ ekskresi | 8 | |
Siswa dapat menyebutkan organ yang berfungsi menghasilkan bilirubin | 9 | |
Siswa dapat menyebutkan lapisan kulit yg berfungsi melindungi jaringan di bawahnya | 10 | |
Sistem Reproduksi pada manusia | Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi bagian organ reproduksi pria | 11 |
Diberikan gambar anatomi organ reproduksi pada wanita, siswa dapat menentukan dengan tepat dari fungsi yang dipaparkan. | 12 | |
Siswa dapat menyebutkan nama hormone yang mempengaruhi masa pubertas pada laki-laki | 13 | |
Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan gamet | 14 | |
Disajikan data penyakit kelamin, siswa dapat menentukan gangguan atau penyakit pada organ reproduksi yang menular | 15 | |
Siswa dapat menjelaskan pengertian menstruasi dengan benar | 16 | |
Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan sel sperma | 17 | |
Siswa dapat menjelaskan fungsi plasenta dengan benar | 18 | |
Siswa dapat menyebutkan saluran reprodusi pria secara urut Siswa dapat menjelaskan fungsi plasenta dengan benar | 19 | |
Siswa dapat menjelaskan Peristiwa pelepasan sel telur dari ovarium | 20 | |
Sistem Ekskresi pada manusia | Siswa dapat menyebutkan tempat berlangsungnya reabsorbsi pada proses pembentukan urine | 21 |
Siswa dapat menyebutkan zat yang memberi warna kuning pada urine dan feses | 22 | |
Siswa dapat menjelaskan nama penyakit dengan cirri adanya endapan kalsium di kantong kemih | 23 | |
Sistem Reproduksi pada manusia | Siswa dapat menyebutkan Penghasil ovum pada alat reproduksi wanita | 24 |
Siswa dapat menyebutkan tempat pematangan sperma pada system reproduksi pria | 25 | |
Sistem Ekskresi pada manusia | Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan urin secara urut. | 1 |
Siswa dapat menyebutkan 4 alat ekskresi pada manusia dan zat yang dikeluarkan
2
System reproduksi pada manusia
Siswa dapat menjelaskan beberapa perilaku yang berisiko menularkan AIDS.
3
Cara pemberian muatan listrik
Disajikan sebuah gambar benda yang didekati benda bermuatan, siswa dapat menjelaskan cara memberi muatan listrik pada sebuah benda tersebut
PG
Siswa dapat menjelaskan mengenai bagian-bagian atom
Isian singkat
Muatan listrik
Disajikan gambar peristiwa pemuatan listrik pada benda, siswa dapat menyebutkan jenis muatan yang terjadi dan menjelaskan arah perpindahan electron antar benda tersebut
PG
Sifat muatan listrik
Disajikan gambar beberapa benda bermuatan, dengan mengetahui interaksinya siswa dapat menentukan jenis muatan pada benda-benda tersebut
PG
Disajikan gambar elektroskop, siswa dapat menunjukkan gambar elektroskop yang benar jika didekati benda bermuatan listrik
PG
Gaya elektrostatik
Siswa dapat menghitung besar gaya elektrostatik antara dua buah benda yang bermuatan listrik jika besaran lainnya diketahui
PG
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dengan besar muatan listrik dan jarak antara benda bermuatan tersebut
Isian singkat
Arus listrik
Disajikan gambar tentang konsep arus listrik, siswa dapat menjelaskan konsep arah arus listrik dengan benar.
PG
Siswa dapat menjelaskan alat unruk mengukur kuat arus listrik dengan benas
Isian singkat
Siswa dapat membaca ukuran yang tertera pada amperemeter
PG
Siswa dapat menghitung beda potensial listrik dalam suatu rangkaian jika besaran lainnya diketahui
PG
Rangk seri paralel
Siswa dapat menentukan rangkaian seri-paralel dengan hambatan total terbesar atau terkecil
PG
Disajikan tabel antara kuat arus listrik, beda potensial dan hambatan listrik, siswa dapat membaca hubungan antara ketiganya.
PG
Hukum ohm
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menghitung arus listrik yang mengalir pada rangkaian tersebut
PG
Siswa dapat menjelaskan mengenai hukum ohm
Isian singkat
Daya hantar listrik
Disajikan beberapa kelompok bahan berdasarkan daya hantar listriknya , siswa dapat menidentifikasi bahan yang dapat digunakan sebagai konduktor dan isolator
PG
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi hambatan pada kawat penghantar
PG
Hk kirchoff
Disajikan gambar rangkaian, siswa dapat menghitung besar I tiap-tiap cabang berdasarkan I masuk = I keluar
PG
Disajikan gambar rangkaian hambatan listrik seri-paralel, siswa dapat menghitung besar I tiap-tiap cabang
uraian
Hambatan pengganti
Disajikan gambar rangkaian hambatan seri- parallel, siswa dapat menghitung besar hambatan total pada rangkaian tersebut
PG
GGL, sumber tegangan
Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi saklar
PG
Siswa dapat menghitung GGL total pada sebuah rangkaian
PG
Siswa dapat menjelaskan perubahan energi pada accumulator
Isian singkat
Disajikan data macam-macam elemen, siswa dapat mengidentifikasi mengenai jenisnya
PG
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian elemen kering
uraian
siswa dapat menghitung kuat arus dan tegangan jepit pada rangkaian tertutup, jika ggl, hambatan luar dan hambatan dalam diketahui
PG
SILAHKAN KLIK INI UNTUK LATIHAN 01
SILAHKAN LAGI KLIK INI UNTUK LATIHAN 02
SILAHKAN LAGI YE KLIK INI UNTUK LATIHAN 03
0 Response to "KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 9 SMP"
Posting Komentar