TARGET BIOLOGI KELAS 9 SMP

Advertisement


Advertisement
SISTEM EKSKRESI
1.         Menjelaskan pengertian ekskresi.
2.         Menyebutkan fungsi sistem ekskresi.
3.         Menyebutkan alat ekskresi pada manusia.
4.         Menyebutkan sisa metabolisme pada manusia.
5.         Mengamati dan mempelajari alat ekskresi pada manusia.
6.         Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja ginjal.
7.         Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kulit.
8.         Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja paru-paru.
9.         Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja hati.
10.     Menyebutkan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi.
11.     Menjelaskan kelainan dan penyakit pada ginjal.
12.     Menjelaskan kelainan dan penyakit pada hati.
13.     Menjelaskan sistem ekskresi pada hewan.

SISTEM REPRODUKSI

1.      Menjelaskan pengertian reproduksi.
2.      Menyebutkan fungsi sistem reproduksi.
3.      Membedakan fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.
4.      Menyebutkan alat reproduksi pada manusia.
5.      Menjelaskan pembentukan sel kelamin pada manusia.
6.      Membedakan sel sperma dan sel telur (ovum).
7.      Menjelaskan pembuahan dan perkembangan embrio.
8.      Menyebutkan faktor penyebab kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi.
9.      Menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan sistem repoduksi pada manusia.
10.  Menjelaskan reproduksi seksual pada hewan.
11.  Menjelaskan reproduksi aseksual pada hewan.
12.  Membedakan reproduksi generatif dan reproduksi vegetatif pada tumbuhan.
13.  Menyebutkan alat reproduksi generatif pada tumbuhan berbiji.
14.  Membedakan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
15.  Menjelaskan pengertian penyerbukan.
16.  Menyebutkan macam-macam penyerbukan karena adanya perantara.
17.  Menyebutkan macam-macam penyerbukan tanpa adanya perantara.
18.  Mengetahui terjadinya penyerbukan dan proses pembuahan pada tanaman.
19.  Menjelaskan pembentukan sel kelamin pada tumbuhan.
20.  Menjelaskan tujuan pembelahan sel.
21.  Menyebutkan tahap-tahap pembelahan sel.
22.  Membedakan pembelahan sel mitosis dan pembelahan sel meiosis.
23.  Membedakan mikrosporogenesis dan megasporogenesis.
24.  Menjelaskan reproduksi vegetatif pada tumbuhan.
25.  Membedakan reproduksi vegetatif secara alami dan reproduksi vegetatif secara buatan.
26.  Menyebutkan beberapa cara reproduksi vegetatif secara alami.
27.  Menyebutkan beberapa cara reproduksi vegetatif secara buatan.
28.  Menjelaskan keuntungan dan kerugian reproduksi vegetatif secara buatan.

SISTEM KOORDINASI

1.      Menjelaskan pengertian koordinasi.
2.      Menyebutkan fungsi sistem koordinasi.
3.      Menyebutkan fungsi saraf pada manusia.
4.      Menjelaskan struktur dan fungsi sel saraf (neuron).
5.      Membedakan neuron unipolar, neuron bipolar, dan neuron multipolar.
6.      Membedakan neuron sensorik, neuron motorik, dan neuron asosiasi.
7.      Menjelaskan mekanisme penghantaran impuls.
8.      Menyebutkan bagian-bagian sistem saraf manusia.
9.      Membedakan sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi.
10.  Menjelaskan struktur, mekanisme, dan fungsi sistem saraf pusat.
11.  Menjelaskan struktur, mekanisme, dan fungsi sistem saraf tepi.
12.  Membedakan sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar.
13.  Membedakan gerak biasa dan gerak refleks.
14.  Mengetahui beberapa gerak refleks yang dilakukan manusia.
15.  Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem saraf manusia.
16.  Menjelaskan sistem saraf pada hewan vertebrata.
17.  Menjelaskan pengertian hormon.
18.  Menjelaskan fungsi hormon.
19.  Menyebutkan macam-macam kelenjar endokrin pada tubuh manusia.
20.  Menjelaskan bermacam-macam kelenjar yang menghasilkan hormon beserta fungsinya.
21.  Menjelaskan struktur, mekanisme, dan fungsi hormon pada hewan avertebrata.
22.  Menjelaskan struktur, mekanisme, dan fungsi hormon pada hewan vertebrata.
23.  Menyebutkan fungsi alat indera pada manusia.
24.  Menyebutkan lima macam alat indera pada manusia.
25.  Menjelaskan struktur, mekanisme, dan fungsi sistem indera pada manusia.
26.  Menjelaskan kelainan dan penyakit pada alat indera.
27.  Menjelaskan struktur, mekanisme, dan fungsi sistem indera pada hewan.

KELANGSUNGAN HIDUP MAHKLUK HIDUP

1.      Menjelaskan pengertian habitat.
2.      Menyebutkan berbagai macam habitat.
3.      Menjelaskan pengertian adaptasi.
4.      Membedakan adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
5.      Menyebutkan beberapa contoh adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan.
6.      Menjelaskan pengertian seleksi alam.
7.      Menjelaskan pengertian evolusi.
8.      Menjelaskan faktor yang menyebabkan kepunahan suatu organisme.
9.      Menyebutkan beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah.
10.  Menjelaskan tujuan organisme melakukan perkembangbiakan.
11.  Menjelaskan pengertian tingkat reproduksi.
12.  Membedakan perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif.
13.  Menyebutkan beberapa cara perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif pada hewan dan tumbuhan.

PEWARISAN SIFAT (GENETIKA)

1.      Menjelaskan pengertian genotip.
2.      Menuliskan simbol gen pada proses persilangan.
3.      Membedakan homozigot dan heterozigot.
4.      Menjelaskan simbol-simbol dalam persilangan.
5.      Menyebutkan macam-macam persilangan.
6.      Menyebutkan hipotesis Mendel yang menjelaskan peristiwa persilangan.
7.      Menjelaskan hukum I Mendel dan hukum II Mendel.
8.      Menentukan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda.
9.      Menentukan hasil persilangan dua individu dengan dua sifat beda.
10.  Menentukan hasil persilangan dua individu dengan tiga sifat beda.
11.      Menjelaskan hubungan antara sifat beda dan jumlah kemungkinan fenotip dan genotip pada keturunan kedua (F2).
12.  Menjelaskan penerapan genetika pada teknologi reproduksi.
13.  Menyebutkan kentungan pengembangbiakan tanaman dengan sifat unggul.
14.  Menjelaskan pengertian kloning.
15.  Menjelaskan cara mengkloning tumbuhan dan hewan.
16.  Menjelaskan pengertian inseminasi buatan.
17.  Menyebutkan tujuan inseminasi buatan.
18.  Menjelaskan teknologi bayi tabung.
19.  Menjelaskan dampak (positif dan negatif) teknologi reproduksi.

BIOTEKNOLOGI

1.      Menjelaskan pengertian bioteknologi.
2.      Membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.
3.      Menjelaskan pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi.
4.      Mengetahui cara pembuatan tempe.
5.      Menjelaskan pengertian kultur jaringan.
6.      Menjelaskan langkah-langkah untuk membiakkan tanaman dengan kultur jaringan.
7.      Menyebutkan kentungan membiakkan tanaman dengan kultur jaringan.
8.      Menjelaskan pengertian hidroponik.
9.      Menjelaskan keuntungan bercocok tanam secara hidroponik.
10.  Menjelaskan pengertian aeroponik.
11.  Menjelaskan pengertian rekayasa genetika.
12.  Menyebutkan beberapa contoh produk rekayasa genetika.
13.  Menjelaskan dampak (positif dan negatif) penerapan bioteknologi.



SILAHKAN DICOBA TANTANGAN INI ....SUKSES SELALU

Soal Bioteknologi

1. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah ….
a. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
b. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
d. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

2. Berikut ini ciri-ciri bioteknogi modern, kecuali ….
a. penggunaan teknologi plasmid
b. memanfaatkan enzim
c. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
d. belum mengenal pemanfaatan enzim

3. Dalam bioteknologi melibatkan ilmuilmu berikut, kecuali ….
a. mikrobiologi
b. biokimia
c. genetika
d. ekologi

4. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah ….
a. Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus cremoris
b. Streptococcus lactis dan Leuconostoc cremoris
c. Rhizopus oryzae dan Rhizopus stoloniferus
d. Saccharomyces cerevisiae dan Aspergillus oryzae

5. Berikut ini jenis makanan yang dapat diolah dari susu, kecuali ….
a. keju
b. yoghurt
c. mentega
d. nata de coco

6. Mengembangnya roti akibat fermentasi, karena khamir menghasilkan ….
a. glukosa
b. air
c. gas karbondioksida
d. gas oksigen

7. Jamur Aspergillus oryzae berperan dalam pembuatan ….
a. tape
b. oncom
c. tempe
d. kecap

8. Berikut ini yang tergolong protein sel tunggal adalah ….
a. protein tempe
b. protein susu
c. protein sel ganggang
d. protein telur

9. Suatu zat yang dihasilkan organisme tertentu dan berfungsi menghambat pertumbuhan organisme lain di sekitarnya disebut ….
a. antibodi monoklonal
b. vaksin
c. antibiotika
d. hormon

10. Organisme transgenik adalah ….
a. organisme yang mengandung gen dari spesies lain
b. organisme yang tidak mempunyai DNA
c. organisme yang mempunyai plasmid
d. organisme yang mengandung inti/ nukleus

11. Berikut ini yang termasuk bahan bakar hasil pengembangan bioteknologi adalah ….
a. biogas
b. gas LPG
c. batu bara
d. minyak

12. Teknik bercocok tanam yang paling tepat untuk diterapkan di lahan yang terbatas adalah ….
a. kultur jaringan
b. rotasi tanaman
c. hidroponik
d. ladang berpindah

13. Media bertanam hidroponik yang paling berhasil dan paling mudah untuk diterapkan adalah ….
a. air
b. pasir
c. pecahan batu bata
d. styrofoam

14. Dalam menggunakan antibiotik kita dianjurkan untuk tidak berhenti sebelum obat habis (sesuai anjuran dokter). Hal itu dilakukan supaya ….
a. bakteri kebal
b. bakteri mati
d. bakteri lemah
e. bakteri tidak aktif

15. Aeroponik mempunyai arti ….
a. pemberdayaan air
b. pemberdayaan udara
c. pemberdayaan tanah
d. pemberdayaan lahan

ESSAY
1. Apa yang dimaksud bioteknologi?
2. Sebutkan mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan produk makanan berikut.
a. Keju
b. Kecap
c. Roti
d. Tape
3. Apakah yang dimaksud protein sel tunggal? Sebutkan keunggulannya.
4. Sebut dan jelaskan metode yang dapat diterapkan dalam hidroponik.
5. Bagaimana dampak bioteknologi terhadap lingkungan?

Soal Pewarisan Sifat

1. Kromosom haploid merupakan kromosom yang ….
a. jumlahnya setengah dari kromosom sel kelamin
b. jumlahnya dua kali kromosom sel kelamin
c. tidak berpasangan
d. berpasang-pasangan

2. Jika kromosom diploid suatu organisme adalah 48, jumlah kromosom haploidnya adalah ….
a. 48 pasang
b. 24 pasang
c. 48 buah
d. 24 buah

3. Jumlah kromosom diploid pada sel tubuh manusia adalah ….
a. 48 buah
b. 24 buah
c. 46 buah
d. 23 buah

4. Filial merupakan ….
a. induk dari suatu persilangan
b. keturunan dari suatu persilangan
c. sifat beda dari suatu persilangan
d. gamet dari suatu persilangan

5. Sel zigot manusia mempunyai 46 kromosom yang berasal dari ….
a. sel telur 21 dan sel sperma 25
b. sel telur 22 dan sel sperma 24
c. sel telur 23 dan sel sperma 23
d. sel telur 24 dan sel sperma 22

6. Berikut ini terdapat beberapa macam genotipe:
1. AaBb
2. Aabb
3. CcDd
4. aaDD
5. CcDD
Genotipe yang heterozigot sempurna ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 3
b. 3 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

7. Sifat warna bunga merah dan bentuk biji lonjong merupakan contoh ….
a. fenotipe
b. gen
c. genotipe
d. kromosom

8. Faktor penentu sifat pada makhluk hidup adalah ….
a. genotipe
b. gen
c. kromosom
d. nukleus

9. Ilmu yang mempelajari tentang penurunan sifat makhluk hidup disebut ….
a. genotipe
b. ekologi
c. genetika
d. taksonomi

10. Seorang anak lahir dari rahim ibunya. Oleh karena itu, sifat yang dimilikinya selalu ….
a. lebih banyak ditentukan oleh ayahnya
b. lebih banyak ditentukan oleh sifat ibunya
c. ditentukan oleh sifat ayah dan ibunya
d. tidak dipengaruhi oleh sifat yang dibawa ayah dan ibu

11. Alasan Mendel menggunakan kacang ercis dalam percobaannya, antara lain ….
a. cepat berbuah
b. tahan lama
c. tanaman menahun
d. berbunga menarik

13. Tanaman kapri berbunga merah disilangkan dengan kapri berbunga putih. F1 100% berupa kapri berbunga merah. Hal itu menunjukkan bahwa ….
a. sifat merah resesif terhadap putih
b. sifat putih resesif terhadap merah
c. sifat putih intermediat terhadap merah
d. sifat merah resesif terhadap putih

14. Jeruk berbuah manis (MM) disilangkan  dengan jeruk berbuah asam (mm).
F1 yang dihasilkan adalah jeruk berbuah manis (Mm). Jika sesama F1 disilangkan dihasilkan keturunan kedua (F2)  1MM:2Mm:1mm Jika pada F2 diperoleh 240 keturunan, jumlah keturunan yang berbuah manis heterozigot adalah ….
a. 60
b. 120
c. 90
d. 240

15. Ercis biji bulat disilangkan dengan ercis biji kisut. Jika bulat bersifat dominan yang muncul adalah…
a. 50 % bulat : 50 % kisut
b. 75 % bulat : 25 % kisut
c. 100 % kisut
d. 100 % bulat

16. Kelinci hitam dengan genotipe Hh dikawinkan dengan kelinci putih bergenotipe hh. F1 pada perkawinan tersebut adalah ….
a. 100 % hitam
b. hitam : putih = 3 : 1
c. hitam : putih = 3 : 1
d. hitam : putih = 1: 1

17. Dalam suatu persilangan, sifat resesif tidak tampak pada fenotipe keturunannya jika ….
a. gen resesif hilang
b. gen resesif berpasangan dengan gen dominan
c. gen dominan bertambah
d. gen resesif berkurang

18. Persilangan antarsesama F1 menghasilkan F2 dengan perbandingan genotipe MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1. Jika diketahui gen M dominan terhadap gen m, kemungkinan untuk mendapatkan individu homozigot resesif adalah ….
a. 25 %
b. 75 %
c. 50 %
d. 100 %

19. Kambing berbulu hitam (Hh) disilangkan dengan kambing berbulu putih (hh). Gamet pada persilangan tersebut  adalah ….
a. Hh dan hh
b. h dan h
c. Hh dan Hh
d. H dan h

ESSAY
1. Apakah perbedaan gonosom dan autosom?
2. Jelaskan pengertian dari istilah-istilah berikut.
a. Genotipe
b. Resesif
c. Fenotipe
d. Intermediet
e. Dominan
f. Heterozigot
3. Tentukan macam-macam gamet individu berikut.
a. TTMM
b. TtMM
c. TtMm
d. TtMMLl
4. Tanaman bunga mawar merah disilangkan dengan tanaman bunga mawar putih. Keturunan pertama (F1) dari persilangan tersebut 100% berupa tanaman bunga mawar merah muda.
Jika diketahui M adalah gen merah dan m adalah gen putih, tentukan perbandingan genotip dan fenotip keturunan kedua (F2) dari persilangan tersebut.
5. Tanaman mangga berbuah manis kecil disilangkan dengan tanaman mangga berbuah asam besar. Persilangan tersebut menghasilkan keturunan pertama (F1) tanaman mangga berbuah manis besar. Jika diketahui M adalah gen manis dominan terhadap gen asam, yaitu m dan B adalah gen besar
dominan terhadap gen buah kecil, yaitu b, tentukanlah hal-hal berikut.
a. Rasio genotipe F2.
b. Rasio fenotipe F2.
c. Persentase tanaman yang berbuah manis besar homozigot pada F2 .
d. Kemungkinan tanaman yang bergenotipe MmBb pada F2

Soal Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

1. Adaptasi pada makhluk hidup berfungsi untuk ….
a. mendapat ruang hidup yang lebih luas
b. dapat berkembang biak dengan baik
c. mempertahankan hidupnya lebih lama
d. mendapatkan cukup makanan yangn  sesuai

2. Di antara fenomena berikut yang bukan termasuk adaptasi adalah ….
a. taring harimau runcing dan tajam
b. anggota gerak depan burung berupa sayap
c. daun jagung berwarna putih atau albino
d. tanaman jati meranggas pada musim kemarau

3. Pada siang hari yang panas, kerbau senang berkubang pada air berlumpur. Kesenangan kerbau tersebut termasuk ….
a. penyesuaian diri terhadap air
b. penyesuaian diri secara morfologi
c. penyesuaian diri secara fisiologi
d. penyesuaian diri secara tingkah laku

4. Salah satu bentuk adaptasi morfologi hewan yang hidup di air adalah ….
a. tubuhnya bersisik
b. berkembang biak dengan bertelur
c. alat geraknya berupa sirip
d. pembuahannya terjadi di luar tubuh

5.    Tumbuhan hidrofit mempunyai ciri sebagai berikut, kecuali . . . .
a.   batang berongga
b.   dinding sel kuat dan tebal
c.    daun sempit dan tebal
d.   daun lebar dan tipis

6.    Adanya gelembung udara pada enceng gondok adalah contoh dari adaptasi ....
a.   fisiologi
b.   morfologi
c.    tingkah laku
d.   penyesuaian dengan lingkungan air

7.    Itik memiliki paruh seperti sekop. Hal ini merupakan adaptasi untuk ....
a.   mempertahankan diri dari musuh
b.   mengambil air dan menyesuaikan dengan lingkungannya
c.    mendapatkan makanan yang cocok
d.   menyesuaikan mengambil makanan dalam lumpur

8.    Berikut adalah penyebab punahnya suatu makhluk hidup, kecuali ....
a.   adanya perkembangbiakan rendah
b.   adanya seleksi alam
c.    rebutan makanan
d.   bentuk organ sesuai dengan lingkungan

9.   Hal berikut merupakan penyebab menurunnya tingkat populasi suatu makhluk hidup, kecuali ....
a.   perburuan oleh manusia
b.   perubahan habitat
c.    daya berkembang biak tinggi
d.   daya berkembang biak rendah

10. Yang merupakan contoh adaptasi tingkah laku adalah ....
a.   urine yang pekat pada ikan air laut
b.   cicak memutuskan ekornya
c.    rayap memerlukan enzim selulosa
d.   kaktus mempunyai batang yang tebal

11. Serangga dengan tipe mulut menggigit dijumpai pada ….
a. belalang dan jangkrik
b. belalang dan kutu anjing
c. lalat dan kupu-kupu
d. gangsir dan walang sangit

12. Pada saluran pencernaan herbivora terdapat enzim selulase yang sangat penting untuk ….
a. mencernakan makanan yang berupa karbohidrat
b. menjaga dari kerusakan usus
c. membantu mencernakan lemak
d. mencernakan makanan yang berupa protein

13. Contoh peristiwa mimikri, yaitu bentuk adaptasi ….
a. fisiologi pada herbivora
b. tingkah laku pada cecak
c. tingkah laku pada pohon jati
d. tingkah laku pada bunglon

14. Mamalia yang hidup di dalam air sering muncul ke atas permukaan air
dengan tujuan untuk ….
a. mendapatkan sinar matahari
b. menghirup oksigen bebas
c. mencari makanan di permukaan air
d. mengembuskan air mancur

15. Ikan hiu tidak dapat hidup di air tawar karena ….
a. arus airnya sangat deras
b. kadar garamnya sangat rendah
c. intensitas cahayanya sangat tinggi
d. airnya terlalu jernih

13. Berikut ini hewan yang tingkat reproduksinya rendah adalah ….
a. tikus
b. ayam
c. sapi
d. badak

14. Satu-satunya bangsa dinosaurus yang bertahan hidup hingga sekarang adalah ….
a. buaya
b. tokek
c. komodo
d. salamander

15. Adaptasi berikut berkaitan dengan pertahanan diri terhadap musuh, kecuali ….
a. trenggiling akan menggulung tubuhnya apabila didekati musuh
b. paus menyemprotkan air mancur dari atas kepalanya
c. tupai virginia akan pura-pura mati jika didekati anjing
d. bunglon mengubah warna tubuh sesuai dengan lingkungannya

16. Semburan air mancur yang dikeluarkan paus pada saat muncul di permukaan air merupakan ….
a. air yang tidak dikeluarkan dalam bentuk urin
b. sisa air yang diminum oleh paus
c. air yang telah diambil oksigennya
d. uap air sisa pernapasan yang telah jenuh

17. Rayap dewasa sering memakan kembali kelupasan kulitnya. Hal itu bertujuan untuk ….
a. mendapatkan makanan yang mudah
b. membersihkan lingkungan sekitarnya
c. mengurangi pengeluaran air
d. mendapatkan kembali flagellata

18. Lumba-lumba termasuk jenis mamalia yang hidup di air. Hewan tersebut menyesuaikan
diri dengan cara ….
a. bernapas dengan insang
b. reproduksi dengan telur
c. alat gerak berupa sirip
d. kulitnya tertutup oleh sisik

19. Salah satu penyebab punahnya suatu jenis makhluk hidup adalah ….
a. laju kelahiran lebih besar daripada laju kematian
b. laju kematian lebih besar daripada laju kelahiran
c. usianya hanya terbatas
d. tidak dapat berkembang biak

20. Punahnya dinosaurus pada 65 juta tahun yang lalu disebabkan karena ….
a. tidak mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan
b. adanya wabah penyakit
c. kalah bersaing dengan hewan-hewan lainnya
d. jumlah keturunan hanya sedikit


ESSAY

1.       Apa yang dimaksud adaptasi morfologi?
2.       Berikan tiga contoh adaptasi morfologi pada hewan.,
3.       Bagaimana adaptasi tubuh manusia terhadap kadar oksigen yang rendah di pegunungan?.
4.       Bagaimana alam melakukan seleksi terhadap makhluk hidup di dalamnya?
5.       Organisme ada yang mempunyai tingkat reproduksi tinggi dan ada yang tingkat reproduksinya rendah. Jelaskan maksudnya dan berilah contoh.
6.       Sebutkan tiga perbedaan antara perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif.


Sistem Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia

1. Pernyataan yang benar mengenai akson adalah ….
a. Berfungsi menjalarkan impuls saraf menjauhi badan sel saraf
b. Jumlahnya lebih dari satu
c. Berfungsi menjalarkan implus saraf menuju badan sel saraf
d. Merupakan tonjolan sitoplasma yang tidak terlalu panjang

2. Lekukan di antara segmen-segmen mielin mempunyai fungsi ….
a. menghasilkan neurotransmiter
b. memungkinkan makanan masuk ke akson
c. mempercepat transmisi impuls saraf
d. memperlambat transmisi impuls saraf

3. yang memberi makan akson sehingga tetap mampu menhantarkan rangsang adalah
a. Nodus Ranvier
b. Sinapsis
c. Myelin
d. sel Schwann

4. Saraf sensoris mempunyai fungsi ….
a. meneruskan impuls dari sel saraf yang satu ke sel saraf yang lain
b. membawa impuls saraf dari otak ke kelenjar
c. membawa impuls saraf dari otak ke otot
d. meneruskan rangsang dari reseptor ke saraf pusat

5. Saraf yang ukuran aksonnya selalu lebih panjang daripada dendritnya adalah ….
a. saraf penghubung
b. saraf indra
c. saraf penggerak
d. saraf sensoris

6. Saraf pusat terdiri atas ….
a. otak besar dan otak kecil
b. otak dan sumsum tulang belakang
c. sumsum spinal dan sumsum lanjutan
d. otak dan sumsum lanjutan

7. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Pengendali kegiatan yang disadari
2. Pusat pengatur suhu tubuh
3. Pengatur keseimbangan tubuh
4. Pusat pengatur pernapasan
5. Pusat gerak refleks
Fungsi sumsum lanjutan ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 2
b. 3 dan 5
c. 2 dan 4
d. 4 dan 5

8. Urat saraf otak dan urat saraf sumsum spinal merupakan bagian dari ….
a. saraf otonom
b. saraf sadar
c. saraf tepi
d. saraf pusat


9. Gerak refleks merupakan ….
a. gerak yang disadari sebelumnya
b. gerak yang disadari setelah terjadi
c. gerak yang berpusat di otak
d. gerak yang tidak disebabkan oleh rangsang

10. Lapisan bola mata yang berwarna putih dan keras disebut ….
a. sklera
b. lensa
c. retina
d. pupil

11. Ada orang yang kurang mampu membedakan warna. Ketidakmampuan mata dalam membedakan warna disebut ….
a. astigmatisma
b. katarak
c. buta warna
d. miopi

12. Organ korti yang merupakan alat pendengaran terdapat dalam ….
a. saluran eustachius
b. saluran setengah lingkaran
c. rumah siput (kloaka)
d. ampula

13. Membran timpani yang menangkap getaran suara terdapat di bagian ….
a. telinga luar
b. telinga tengah
c. telinga dalam
d. saluran eustachius

14. Telinga kita hanya mampu mendengar suara yang frekuensinya antara ….
a. 20 Hz–100 Hz
b. 20 Hz–1.000 Hz
c. 20 Hz–20.000 Hz
d. 100 Hz–50.000 Hz

15. Berikut ini merupakan fungsi kulit, kecuali ….
a. sebagai indra peraba
b. sebagai alat pengeluaran
c. sebagai alat pengatur suhu tubuh
d. sebagai pembuat sel-sel darah

ESSAY

1.       Otak besar manusia terdiri atas bagian belakang, bagian samping, bagian depan, dan bagian tengah. Jelaskan fungsi dari masing-masing bagian tersebut.
2.       Bagaimana hubungan antara aktivitas anggota badan kiri dan kanan dengan perkembangan otak manusia?
3.       Apa yang dimaksud daya akomodasi mata?
4.       Sebutkan beberapa penyebab gangguan pada telinga.
5.       Jelaskan proses terjadinya mengecap suatu zat.


Sistem Reproduksi pada Manusia

1. Berikut ini yang bukan termasuk organ reproduksi pada pria adalah ….
a. testis
b. tuba fallopi
c. vas defferens
d. penis

2. Berikut ini yang termasuk organ reproduksi pada wanita adalah ….
a. testis
b. vagina
c. vas defferens
d. penis

6. Selain menghasilkan sel sperma, testis juga berfungsi sebagai tempat pembentukan
hormon ….
a. insulin
b. progesteron
c. estrogen
d. testesteron

7. Seorang wanita sudah tidak produktif untuk bereproduksi yang ditandai dengan tidak mengalami menstruasi disebut ….
a. oogenis
b. permatogenesis
c. ovulasi
d. menopause

8. Selaput yang membatasi ruangan terdapatnya  embrio dan menghasilkan getah berupa air ketuban disebut ….
a. alantois
b. korion
c. amnion
d. salkus vitellinus

9. Penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus adalah ….
a. sifilis
b. AIDS
c. gonore
d. herpes genetalis

10. Berikut ini termasuk penyakit pada sistem reproduksi, kecuali ….
a. gonore
b. herpes genetalis
c. sifilis
d. AIDS

ESSAY

1.       Mengapa pembuahan pada manusia disebut fertilisasi internal?
2.       Jelaskan fungsi vas defferens.
3.       Apakah yang dimaksud menopause?
4.       Bagaimanakah posisi korion terhadap amnion?

5.       Sebutkan dua penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan oleh  virus.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TARGET BIOLOGI KELAS 9 SMP"

Posting Komentar