Mutasi Gen

Advertisement


Advertisement

mutasi.

Mutasi adalah suatu perubahan yang terjadi pada bahan genetika sehingga ekspresinya (fenotip) berubah. Mutasi dapat terjadi pada pasangan basa, satu ruas ADN, atau bahkan pada kromosom. Perubahan ADN dapat menyebabkan perubahan kodon-kodon ARNd dan akhirnya menyebabkan perubahan jenis asam nukleat yang disintesisnya.

Individu yang mengalami mutasi disebut mutan. Penyebab mutasi disebut mutagen. Istilah mutasi pertama kali digunakan oleh Hugo deVries pada bunga Oenotheralamarckiana dan bersifat menurun. Sarjana yang mempelajari mutasi adalah Herman Muller (Murid Morgan).

Suatu perubahan disebut mutasi berdasarkan ciri berikut:

1. Adanya perubahan materi genetik (DNA/kromosom).
2. Perubahan tersebut bersifat dapat atau tidak diperbaiki.
3. Hasil perubahan tersebut diwariskan secara genetik pada keturunannya.

Mutasi Gen

Mutasi gen disebabkan adanya perubahan susunan molekul gen atau perubahan pada struktur DNA dan dapat mengakibatkan perubahan sifat gen. Misalnya, perpindahan atom hidrogen dari posisi satu ke posisi lain pada basa purin atau pirimidin, yang disebut tautomer. Pada peristiwa itu basa adenin seharusnya berpasangan dengan guanin yang seharusnya dengan timin. Jika menyebabkan perubahan basa nitrogen, maka mutasi ini juga disebut sebagai mutasi titik (point mutation). Jika perubahan basa nitrogen pada rantai DNA tidak memengaruhi produksi protein atau gejala fenotip lain, maka disebut mutasi bisu (silent mutation). Pada mutasi gen tidak terjadi perubahan lokus, bentuk, dan jumlah kromosom.

Baca Artikel Lain : Mutasi Kromosom

Macam-macam mutasi gen antara lain:

1. Nonsen Semutations (mutasi tak bermakna), terjadi perubahan kodon triplet basa N tetapi tidak mengakibatkan perubahan pembentukan protein. Contoh: UUU fenilalanin berubah menjadi UUC fenilalanin.
2. Triplet Mutations (mutasi ganda tiga), terjadi karena penambahan atau penggunaan tiga basa N secara bersama-sama.
3.Frameshif Mutations, terjadi karena adanya penambahan sekaligus pengurangan satu atau beberapa pasangan basa N secara bersama-sama.

Hal-hal yang dapat menyebabkan mutasi gen:

1. Pergantian Pasangan Basa Nitrogen

a. Transversi, pergantian basa nitrogen yang tidak sejenis. Transversi dapat terjadi bila terdapat pergantian basa purin dengan basa pirimidin atau sebaliknya.
b. Transisi, merupakan pergantian basa nitrogen sejenis. Pergantian basa purin dengan basa purin lainnya atau basa pirimidin dengan basa pirimidin lainnya.

2. Penyisipan dan pengurangan basa Nitrogen

a. Insersi, merupakan peristiwa penyisipan satu atau lebih pasangan basa Nitrogen.
b. Delesi, terjadi pengurangan satu atau lebih basa nitrogen pada rantai DNA.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mutasi Gen"

Posting Komentar