Organ dan Sistem Organ pada Hewan

Advertisement


Advertisement
Kumpulan organ yang berkait di dalam satu fungsi atau lebih akan membentuk suatu sistem organ. Selanjutnya, kumpulan sistem organ akan membentuk suatu organisme (individu). Berikut beberapa macam sistem organ yang ada pada tubuh hewan, antara lain sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran, sistem ekskresi, sistem rangka, sistem otot, sistem endokrin, sistem saraf, dan sistem reproduksi.

Organ dan Sistem Organ pada Hewan

1. Sistem Pencernaan


Sistem pencernaan terdiri atas mulut, esofagus, lambung, usus dua belas jari, hati, kantong empedu, pankreas, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna makanan agar dapat diabsorpsi dan digunakan oleh sel-sel tubuh.


2. Sistem Pernapasan


Sistem pernapasan terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus,dan paru-paru. Sistem pernapasan berfungsi menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh.


3. Sistem Peredaran


Sistem ini terdiri atas jantung, arteri, vena, kapiler, kelenjar limfa, dan pembuluh limfa. Fungsi sistem peredaran, antara lain mengangkut oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa metabolisme yang tidak berguna ke luar tubuh. Sistem ini juga berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit.


4. Sistem Eksresi


Ginjal, kulit, hati, dan paru-paru merupakan organ penyusun sistem eksresi. Fungsi organ-organ tersebut, antara lain mengeluarkan hasil metabolisme yang tidak berguna dari dalam tubuh serta menjaga keseimbangan antara cairan sel dan lingkungannya.


5. Sistem Rangka


Tengkorak, tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang anggota badan atas, dan tulang anggota badan bawah merupakan organ-organ penyusun sistem rangka. Fungsi sistem rangka, antara lain memberi bentuk tubuh, melindungi bagian tubuh yang lunak, sebagai tempat melekatnya otot, tempat pembentukan sel-sel darah, dan tempat penyimpanan berbagai mineral.


6. Sisem Otot


Sistem otot tersusun atas otot rangka, otot polos, dan otot jantung. Sistem ini berfungsi  menentukan postur tubuh, menyimpan glikogen, dan sebagai alat gerak aktif.


7. Sistem Endokrin


Sistem endokrin terdiri atas kelenjar hipofisis, tiroid, paratiroid, pankreas, adrenal, dan kelenjar kelamin(ovum serta testis). Fungsi sistem endokrin, yaitu memproduksi hormon-hormon untuk mengatur aktivitas tubuh.


8. Sistem Saraf


Sistem saraf tersusun atas otak, serabut saraf, sumsum tulang belakang, dan simpul-simpul saraf. Fungsinya adalah menerima dan merespon rangsang dari lingkungan dan mengatur aktivitas tubuh (perilaku dan integritas).


9. Sistem Reproduksi


Sistem ini tersusun atas testis (pada laki-laki) dan ovarium (pada wanita). Fungsinya menghasilkan sel-sel kelamin dalam sistem reproduksi.


Sumber:

Henny, Riandari.(2009).Theory and Application of Biology for Grade XI of Senior High School and Islamic Senior High School. Evo Bilingual: Solo.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Organ dan Sistem Organ pada Hewan"

Posting Komentar