WUE PENJELASAN SOAL UN BIOLOGI 2016 SERI 4
Silahkan disimak seri ke 4 penjelasan soal UN 04 ini ....Wue Terima kasih
KISI KISI SISTEMATIS UN 2016
 
KISI KISI SISTEMATIS UN 2016
|    No.  |      Materi Pokok  |      Ruang lingkup Materi  |      Indikator  |  
|    1  |      Keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem  |      Keberagaman ekosistem (darat, air) berdasarkan   cirri-cirinya  |      Menentukan jenis ekosistem berdasarkan beberapa   cirri keanekaragaman biotic dan abiotik ekosistem tertentu  |  
|    2  |      Organisme dan peranannya dalam kehidupan  |      Peranan eubacteria dan jamur (Bioteknologi,   lingkungan, kesehatan, dll)  |      Disajikan spaecies eubacteri/jamur , siswa dapat menjelaskan   peranannyha dalam aspek kehidupan  |  
|    3  |      Pengelompokkan makhluk hidup  |      Pengelompokkan Protozoa di tingkat kelas, Algae di   tingkat divisi berdasarkan gambar atau ciri-cirinya, Pengelompokkan jamur   ditingkat divisi (Zygomicotina, Ascomycotina, Basidiomycotina,   Deuteromycotina) dan menentukan spesies jamur berdasarkan cirri-cirinya  |      Disajikan gambar/deskripsi anggota protozoa/algae/jamur,   menentukan takson (kelas/species)nya berdasarkan ciri-ciri yang disajikan  |  
|    4  |      sda  |      Pengelompokkan Plantae (Bryophyta, Pteridophyta,   Spermatophyta) di tingkat divisi, sub divisi, kelas,ordo, dan famili  |      Menentukan nama kelompok pada tingkatan takson   tertentu berdasarkan ciri-ciri/gambar dalam salah satu divisi, kelas, ordo   atau famili  |  
|    5  |      sda  |      Pengelompokkan avertebrata-vertebrata: filum, kelas,   ordo tertentu  |      Menentukan ciri utama kelompok hewan dari gambar   yang disajikan pada tingkatan takson filum, kelas, atau ordo tertentu  |  
|    6  |      Interaksi, aliran energy dalam ekosistem  |      Peran kedudukan komponen ekosistem, interaksi, dan   aliran energy berdasarkan tingkat tropik  |      Menganalisis peran kedudukan organisme  tertentu dalam jaring-jaring makanan yang   disajikan  |  
|    7  |      Dampak perubahan/pencemaran lingkungan   |      Dampak perubahan lingkungan karena meningkatnya CO2,   tumbuh pesatnya industry, penggunaan CFC, efek rumah kaca, eutrofikasi, hujan   asam, iklim global, penggunaan air raksa, dll  |      Menjelaskan dampak perubahan lingkungan karena   perbuatan manusia   |  
|    8  |      sda  |      Akibat pencemaran lingkungan, seperti eutrofikasi,   meningkatnya CO-CO2,  pestisida, sisa   oli, hujan asam, Hg, limbah B3, pembusukan dalam air, pemupukan berlebihan.  |      Menjelaskan akibat pencemaran dari polutan tertentu  |  
|    9  |      Daur biogeokimia  |      Peran komponen dalam daur biogeokimia: Peran tumbuhan, peran H2O), CO2, Thiobacillus,   Nitrosomonas, Nitrobacter, dll  |      Menjelaskan peran suatu komponen dalam daur   biogeokimia yang ditentukan  |  
|    10  |      Pemecahan masalah biologi  |      Cara mengatasi permasalahan biologi, seperti:   Mengatasi diabetes mellitus/gagal ginjal, mengetahui asal-usul anak,   mengatasi katarak, mengatasi malaria, flu burung, HIV, Menghindari TBC,   kebakaran hutan, myop, sesak napas pada kabut asap, perusakan   |      Menjelaskan cara mengatasi berbagai permasalahan   biologi   |  
|    11  |      Jaringan tumbuhan  |      Struktur dan fungsi epidermis, xylem-floem, bulu   akar, cambium, meristem, endodermis  |      Menentukan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan   yang ditentukan  |  
|    12  |      Jaringan hewan-manusia  |      Struktur dan fungsi jaringan saraf, otot (jantung,   lurik, polos), tulang (keras, rawan), epitel (kubus, kelenjar, silendris),   darah  |      Menentukan struktur dan fungsi jaringan   hewan/manusia yang ditentukan  |  
|    13  |      Struktur dan fungsi sistem organ, kelainan dan   gangguan yang mungkin terjadi  |      Sistem sirkulasi. Kerja jantung dan aliran darah:   systole, diastole  |      Menjelaskan kerja jantung dan aliran darah yang   terjadi  |  
|    14  |      Sda  |      Sistem sirkulasi. Pada system peredaran darah:   stroke, jantung koroner, sklerosis, ambein, anemia, dll.  |      Menjelaskan macam gangguan  /penyakit yang terjadi  pada system sirkulasi  |  
|    15  |      Sda  |      Sistem pencernaan. Fungsi kerja system pencernaan   secara kimiawi: usus 12 jari, pankreas, mulut, empedu, usus halus, dll  |      Menjelaskan proses pencernaan kimiawi dari jenis   makanan tertentu pada suatu organ pencernaan  |  
|    16  |      sda  |      Sistem ekskresi. Fungsi system eksresi dan gangguan   yang terjadi: pembentukan urin primer, pengaruh AC, adanya protein, glukosa,   reabsorbsi, dll  |      Menentukan gangguan/penyakit  yang terjadi pada system ekskresi  |  
|    17  |      Sda  |      Sistem ekskresi. Fungsi kerja hati sebagai organ   ekskresi dan pencernaan: hub. Dengan pencernaan, eksresi: perombakan sampah   nitrogen, pembongkaran eritrosit, dll  |      Menjelaskan fungsi hati yang terkait dengan   pencernaan makanan, atau ekskresi sisa metabolisme  |  
|    18  |      Sda  |      Sistem regulasi. Fungsi otak: pusat pendengar,   indera pembau pendengar, pusat penglihatan, dll.  |      Menentukan fungsi otak yang berkaitan system indera  |  
|    19  |      Sda  |      Sistem Reproduksi. Siklus menstruasi: masa ovulasi,   peluruhan dinding rahim, hari-hari dalam siklus, hormone yg berpengaruh, dll  |      Menjelaskan proses pembentukan ovum, siklus   menstruasi, dan hormone-ormon yang mempengaruhinya  |  
|    20  |      Percobaan pertumbuhan tanaman  |      Faktor2 luar yang mepengaruhi pertumbuhan: cahaya,   nutrisi, suhu, kelembabab, dll.  |      Menyimpulkan pengaruh factor tertentu terhadap   pertumbuhan berdasarkan data tabel/grafik berdasarkan hasil percobaan yang   disajikan  |  
|    21  |      Kerja enzim  |      Kinerja enzim karena pengaruh pH, suhu, sisi aktif,   inhibitor, dll  |      Menentukan grafik yang menggambarkan mekanisme kerja   enzim yang dipengaruhi factor tertentu berdasarkan penjelasan yang disajikan  |  
|    22  |      Struktur dan fungsi organel sel  |      Sel hewan-tumbuhan: Macam-macam organel dan   fungsinya ribosom, kromosom, nucleus, vacuola, badan golgi, dll.  |      Menentukan organel sel dan fungsinya dari gambar sel   yang disajikan  |  
|    23  |      Transport lewat membrane sel  |      Macam-macam transport lewat membrane: Transpor   aktif, osmosis, difusi, dll  |      Disajikan percobaan osmosis/difusi siswa dapat   menjelaskan proses yang terjadi dari percobaan dimaksud  |  
|    24  |      Kerja enzim  |      Hasil kerja enzim yang dipengaruhi pH, suhu,   konsentrasi substratm konsentrasi enzim, dll  |      Menjelaskan mekanisme suatu factor dalam   mempengaruhi kerja enzim  |  
|    25  |      Respirasi aeron-anaerob  |      Hasil-hasil dari perubahan tahapan respirasi aerob:   glikolisis, dekarboksilasi, siklus krebs, dan transport electron. Hasil-hasil dan tahapan perubahan dari fermentasi   asam laktat, alcohol, asetat, dll  |      Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat   (aerob-anaerob)  |  
|    26  |      Fotosintesis  |      Proses dan hasil tahapan reaksi terang dan reaksi   gelap   |      Menjelaskan proses anabolisme karbohidrat pada   tumbuhan hijau (fotosintesis)  |  
|    27  |      Metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak  |      Keterkaitan metabolime karbohidrat, lemak, dan   protein dalam glikolisis, dekarboksilasi, siklus krebs, dan transport   elektron  |      Menjelaskan keterkaitan proses metabolism   karbohidrat, lemak, dan protein  |  
|    28  |      Struktur DNA, RNA, dan kromosom  |      Susunan struktur nukleotida DNA, RNA (jumlah   nukleotida, susunan nukleotida, struktur basa, ikatan hydrogen, dll), dan   kromosom  |      Mengidentifikasi ususnan nukleotida DNA, RNA  |  
|    29  |      Sintesis protein  |      Tahapan proses perubahan dari sintesis protein mulai   dari transkripsi sampai terbentuknya polimer peptide (polipeptida)  |      Menjelaskan proses sintesis protein  |  
|    30  |      Reproduksi sel  |      Perubahan fase pembelahan mitosis, meiosis, dan   gametogenesis  |      Mengidentifikasi tahap=tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis  |  
|    31  |      Pewarisan sifat Menurut Hukum Mendel  |      Pewarisan sifat melalui persilangan monohibrida dan   dihibrida  |      Mengintepretasi prinsip hereditas dalam pewarisan   sifat berdasarkan persilangan hukum Mendel  |  
|    32  |      Penyimpangan semu hukum Mendel  |      Pewarisan    sifat akibat penyimpangan semu hokum Mendel, sl: atavisme,   epistasis-hipostasis, kriptomeri, polimeri  |      Mengintepretasi hasil persilangan pada peristiwa   penyimpangan semu hokum Mendel  |  
|    33  |      Pewarisan cacat/penyakit meurun pada manusia  |      Petasilsilah pewarisan cacat/penyakit menurun pada   manusia: albino, hemofili, butawarna, anodonsia, golongan darah  |      Memprediksi sifat keturunan bila diketahui   satu/kedua orangtua menderita/karier cacat/penyakit menurun dari petasilsilah   yang disajikan  |  
|    34  |      Teori asal-usul kehidupan dan evolusi dengan   bukti-bukti petunjuknya  |      Percobaan membuktikan asal-usul kehidupan   (biogenesis: Redi, Spallanzani, Louis Pasteur -teori evolusi kimia:   Harold-urey, Oparin, Nedham), Teori evolusi organic dan bukti-bukti yang   ditunjukkan oleh berbagai ahli: Darwin, Wallace, Lamarck, weismann  |      Menjelaskan salah satu teori asal-usul kehidupan/evolusi   organic melalui peristiwa/fakta yang mendukung teori evolusi  tersebut  |  
|    35  |      Mekanisme evolusi  |      Mekanisme evolusi menuju terbentuknya spsesies baru:   adaptasi, seleksi alam, mutasi, rekombinasi, radiasi adaptif, Hk. Hardy   Weinberg  |      Mengidentifikasi factor-faktor yang mendorong   terjadinya evolusi sampai terbentuknya spesies baru  |  
|    36  |      Berbagai pandangan teori evolusi   |      Kelebihan-kekurangan/kelemahan dari berbagai   pandangan para ahli evolusi masa Darwin dan sesudah Darwin  |      Mendeskripsikan kelemahan-kelemahan teori evolusi   yang pernah ada  |  
|    37  |      Bioteknologi    konvensional dan modern  |      Pengertian bioteknologi, prinsip dasar bioteknologi   konvensional-modern, dan teknologi yang dikembangkan  |      Menentukan prinsip dasar dari salah satu jenis   bioteknologi  |  
|    38  |      Pemanfaatan bioteknologi dengan berbagai teknik  |      Contoh-contoh produk bioteknologi yang dikembangkan   dengan berbagai teknik di berbagai bidang (kesehatan, pangan, lingkungan,   pertanian, pertambangan, dll)  |      Memberikan contoh hasil biotek dalam bidang tertentu   (kesehatan, pertanian, pangan, lingkungan, dll)  |  
|    39  |      sda  |      Contoh-contoh masalah bioteknologi yang diselesaikan   dengan berbagai teknik dasar bioteknologi yang sudah dikembangkan  |      Disajikan permasalahan yang terjadi pada lingkungan   hidup, siswa dapat menganalisis jenis biotek yang dapat digunakan untuk   menyelesaikan masalah tersebut (misal krisis pangan, mengatasi diabetes, dll)  |  
|    40  |      Dampak Pemanfaatan Bioteknologi  |      Dampak penggunaan bioteknologi diberbagai bidang   (pangan, pertanian, kesehatan, lingkungan, dll)  |      Menjelaskan dampak positif/negative penggunaan hasil   bioteknologi  |  
0 Response to "WUE PENJELASAN SOAL UN BIOLOGI 2016 SERI 4"
Posting Komentar