PREDIKSI SOAL UN BIOLOGI 2016 SMA KELAS XII
Siang yang agak santai ini otak atik UN biologi akhirnya bisa dipostingkan tulisan ini semoga bisa membantu anak anak kelas XII mengerjakan Ujian Nasional Biologi dengan hasil maksimal OK
- Menjelaskan hubungan bakteri dan perannya dalam kehidupan.
- Siswa dapat menjelaskan peran organism protista tertentu dalam kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan peran spesies jamur tertentu dalam kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan peran tumbuhantertentu dalam kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan peran hewan tertentudalam kehidupan
- Disajikan ciri-ciri ekosistem tertentu, siswa dapat menentukan macam ekosistem dimaksud , siswa mampu menentukan jenis keaneka ragaman hayati
- Disajikan gambar interaksi/aliran energy dalam ekosistem, siswa dapat menentukan fungsi dan kedudukan suatu organism
- Disajikan gambar struktur jaringantumbuhan,siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya.
- Disajikan gambar struktur jaringanhewan/manusia, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya
- Disajikan gambar kerja otot tertentu,siswa dapat menentukan otot / nama mekanisme kerja otot
- Disajikan system pencernaan, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
- Disajikan gambar/diagram sirkulasi, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
- Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system pernafasan yang ditentukan bioprosesnya
- Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system ekskresi yang ditentukan bioprosesnya
- Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system koordinasi yang ditentukan bioprosesnya
- Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari system reproduksi yang ditentukan bioprosesnya
- Disajikan deskripsi gangguan fungsi pada system gerak, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud
- Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem peredaran darah, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
- Disajikan deskripsi gangguan suatu fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
- Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system respirasi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud
- Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system ekskresi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud.
- Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system koordinasi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud
- Disajikan gambar struktur sel (hewan/tumbuhan), siswa dapat menjelaskan organel dan fungsi organel yang ditentukan
- Siswa dapat menentukan susunan struktur DNA/RNA
- Siswa dapat menentukan proses katabolisme/anabolisme berdasarkan data-data yang disajikan
- Disajikan produk/pemecahan masalah bioteknologi, siswa dapat menjelaskan/menentukan prinsip-prinsip dasar (teknik bioteknologi konvensional/modern) yang dikembangkan
- Disajikan deskripsi persilangan mono/dihibrida siswa dapat menentukan rasio/jumlah keturunan tertentu
- Disajikan proses percobaan tentang asal-usul makhluk hidup yang dilakukan para ahli, siswa dapat menjelaskan hasil percobaannya
- Siswa dapat menjelaskan pandangan/pokok-pokok pikiran tentang teori evolusi dari ahli tertentu dari fakta-fakta yang disajikan
- Disajikan gambar bakteri tertentu, siswa dapat mengklasifikasikan berdasarkan ciri-cirinya
- Disajikan gambar anggota protista (Protozoa, alga), siswa dapat mengklasifikasi kan pada tingkat kelas organisme dimaksud.
- Disajikan ciri-ciri jamur , siswa dapat mengklasifikasi kan pada tingkatan divisi/spesies organisme dimaksud.
- Disajikan ciri-ciri Plantae (lumut, paku, biji), siswa dapat mengklasifikasikan pada tingkatan divisi/subdivisi/kelas organism dimaksud.
- Disajikan ciri-ciri animalia (avertebrata/vertebrata), siswa dapat mengklasifikan pada tingkatan filum/kelas organism dimaksud
- Siswa dapat menjelaskan dampak perubahan perusakan/pencemaran lingkungan atas sebab perbuatan manusia
- Disajikan bagan daur biogeokimia, siswa dapat menentukan organisme/peran organisme/perubahan yang terjadi pada bagian yang ditentukan
- Disajikan gambar kerja otot (kontrasi/relaksasi), siswa dapat mengidentifikasi mekanisme kerja yang terjadi.
- Disajikan gambar/deskripsi kerja jantung, siswa dapat mengidentifikasi mekanisme kerja /aliran darah yang terjadi
- Disajikan gambar/deskripsi organ pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi kerja system pencernaan secara kimiawi.
- Disajikan gambar/deskripsi kerja system pernapasan , siswa dapat mengidentifikasi mekanisme kerja yang terjadi
- Disajikan gambar/deskripsi organ hati, siswa dapat mengidentifikasi proses ekskresi yang terjadi pada organ tersebut
- Disajikan gambar otak, siswa dapat mengidentifikasi proses kerja asosiasi pada bagian-bagian tersebut
- Disajikan gambar/deskripsi pembentukan ovum/menstruasi pada tahapan tertentu, siswa dapat mengidentifikasi proses yang terjadi
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system gerak, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system sirkulasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system respirasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system ekskresi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system koordinasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system reproduksi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
- Disajikan deskripsi mekanisme transport lewat membran, siswa dapat mengidentifikasi macam transport yang terjadi
- Disajikan grafik kinerja enzim karena pengaruh factor tertentu, siswa dapat mengidentifikasi kinerja optimal enzimtersebut
- Disajikan bagan proses anabolisme siswa dapat mengidentifikasi tempat terjadinya reaksi dan hasil reaksinya
- Disajikan deskripsi proses fermentasi dengan organisme tertentu, Siswa dapat mengidentifikasi hasilnya
- Disajikan gambar/deskripsi tahapan reproduksi sel, siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan yang terjadi
- Disajikan bagan proses/deskripsi sintesis protein, siswa dapat mengidentifikasi tahapan proses yang ditentukan.
- Disajikan produk bioteknologi konvensional/modern, siswa dapat mengidentifikasi dampak (positif/negative) terhadap berbagai aspek kehidupan (salingtemas)
- Disajikan diagram/deskripsi persilangan dari penyimpangan semu hukum mendel tertentu, siswa dapat mengidentifikasi rasio keturunan tertentu
- Disajikan gambar gametogenesis, siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan pada bagian yang ditentukan
- Disajikan genotip individu tertentu karena kondisi normal/pautan, siswa dapat mengidentifikasi macam gamet yang diperoleh
- Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara yang dapat ditempuh untuk menghindari penyakit/gangguan yang sifatnya enurun pada manusia
- Disajikan bukti/petunjuk evolusi, siswa dapat mengidentifikasi kesesuaiannya dengan pandangan ahli evolusi tertentu
- Disajikan gambar berbagai eubacteria , siswa dapat menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
- Disajikan gambar berbagai protista , siswa dapat menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
- Disajikan gambar berbagai jamur , siswa dapat menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
- Disajikan gambar berbagai tumbuhan , siswa dapat menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
- Disajikan gambar berbagai hewan , siswa dapat menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
- Disajikan kasus perubahan lingkungan karena pencemaran, siswa dapat menganalisis dampak yang terjadi bagi kehidupan
- Disajikan data keluhan penderita yang mengganggu system gerak yang dialminya, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialmi penderita
- Disajikan data gangguan pada system sirkulasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
- Disajikan data gangguan pada system pencernaan seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
- Disajikan data gangguan pada system respirasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
- Disajikan data gangguan pada system ekskresi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
- Disajikan data gangguan pada system koordinasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
- Disajikan data gangguan pada system koordinasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
- Disajikan data/deskripsi hasil percobaan pengaruh factor eksternal terhadap pertumbuhan tumbuhan, siswa dapat menyimpulkan factor yang mempengaruhi pertumbuhan dimaksud
- Disajikan gambar/hasil percobaan transport lewat membrane, siswa dapat menyimpulkan mekanisme transport yangterjadi
- Disajikan data percobaan kerja enzim, siswa dapat menganalisis hasil percobaan yang diperoleh
- Disajikan peta silsilah pewarisan penyakit/gangguan (albino, butawarna, hemofili, gangguan mental) pada manusia,siswa dapat mengintepretasi pewarisan sifat tersebut pada keturunannya
- Disajikan kasus /fakta terjadinya evolusi, siswa dapat mengintepretasikan hubungan teori dan prinsip berdasarkan pandangan ahli evolusi tertentu
- Disajikan deskripsi fenomena evolusi organic (pandangan lama/baru), siswa dapatmengintepretasi mekanisme pembentukan spesies baru
klik kanan (Mouse) open link new tab ....perbesar OK
Kunci Lainnya
SOAL 1
SOAL 2
0 Response to "PREDIKSI SOAL UN BIOLOGI 2016 SMA KELAS XII"
Posting Komentar