PEDOMAN UN 2016 BIOLOGI

Advertisement


Advertisement
Penting untuk dipahami 
Kali ini serius bicara tentang soal UN Biologi 2016 . Soal seperti yang saya postingkan ini yang sering keluar dalam Ujian Nasional Biologi, meskipun ada beberapa nantinya berbeda namun Pedoman soal dan pembahasan ini harus benar dipahami dan hapal mati OK , baru yang lain ditambahkan dikreasikan di upgrade di eksplore silahkan. Yah kalau buat rumah ini Pondasinya Semoga berguna 


   1. Pada tabel berikut ini, pasangan yang kurang tepat antara jenis bakteri dan peranannya adalah ...

Jenis Bakteri
Perananya
A
Clostridium botulinum
merusak makanan kaleng
B
Bacillus thuringiensis
Bio insektisida
C
Thiobacillus ferooksidan
Bio metalurgi
D
Rhizobium leguminosorum
Nitrifikasi
E
Triponema palidum
Menyebabkan Sipilis


JWB: D

Pembahasan:

  • Rhizobium leguminosorum untuk Fiksasi Nitrogen bukan Nitrifikasi . Fiksasi dan Nitrifikasi 2 hal yang berbeda

     3.   2. Pada tabel berikut ini

Jenis Ascomycotina
Peran dalam kehidupan
1
Neurospora
(a) Pembuatan Kecap
2
Saccharomyces cereviceae
(b) pembuatan oncom
3
Penicilium shrysogenum
(c) penghasil antibiotik
4
Aspergillus wentii
(d) membuat adonan kue/roti

Dari tabel diatas, yang menunjukkan hubungan jenis jamur dengan peranannya yang benar adalah ….
a. 1 dengan c
b. 3 dengan b
c. 2 dengan b
d. 1 dengan d
e. 4 dengan a

JWB: E

Pembahasan:

  • Neurospora crassa merupakan jamur yang berperan dalam proses pembuatan oncom
  • Saccharomyces cereviceae merupakan yeast yang berperan dalam pembuatan adoanan roti/kue
  • Penicillium shrysogenum merupakan jamur yang berperan dalam pembuatan antibiotic
  • Aspergillus wentii merupakan jamur yang berperan dalam pembuatan kecap
Jadi yang menunjukkan hubungan jenis jamur dengan peranannya yang benar adalah Aspergillus wentii merupakan jamur yang berperan dalam pembuatan kecap.

4. Beberapa jenis organisme diantaranya adalah harimau, gajah, kambing, dan sapi. Hewan tersebut dapat dikelompokkan dalam satu kelas yang sama. Dasar pengelompokannya adalah ….
a. memiliki kelenjar susu
b. memiliki bulu
c. bernapas dengan paru-paru
d. termasuk organisme homoioterm
e. memiliki tulang belakang

JWB: A

Pembahasan:

harimau, gajah, kambing, dan sapi dikelompokkan dalam kelas yang sama yaitu kelas mamalia, dimana kelas mamalia memiliki ciri-ciri berdarah panas, berambut dengan kelenjar susu.

Jika bertanya dalam Sub Phyllum yang sama Jawabnya E

5. Usaha-usaha berikut merupakan pelestarian sumber daya alam hayati :

1.perlindungan bunga bangkai di Bengkulu
2. pelestarian Komodo di Pulau Komodo
3. Pembangunan Taman buah Mekar Sari
4. Pemeliharaan taman laut Bunaken
5. Pengusahaan kebun plasma nutfah di Cibinong

Berdasarkan data di atas yang termasuk pelestarian secara in situ adalah ….
a. 1,2,4
b. 2,4,5
c. 1,3,4
d. 3,4,5
e. 2,3,5

JWB: A

Pembahasan:

Pelestarian in situ adalah melakukan perlindungan agar tumbuhan dan hewan dapat hidup sesuai dengan habitat aslinya. Contohnya : perlindungan bunga bangkai di Bengkulu, pelestarian Komodo di pulau Komodo, pemeliharaan taman laut di Bunaken.

Tempat pelestarian Exsitu dipastikan bisa dibuat manusia sehingga tempat pelestarian itu bisa ditengah kota atau bisa dimana diinginkan OK 
contoh : Kebun binatang Ragunan, Kebun Raya Bogor , Taman Safari Puncak, Hutan Lindung

6. Berikut adalah ciri-ciri tumbuhan biji.

  1. biji berkeping satu
  2. berakar tunggang
  3. tulang daun sejajar
  4. biji berkeping dua
  5. tidak berkambium
  6. tulang daun menyirip
Di antara ciri-ciri tersebut yang merupakan ciri-ciri tanaman mangga adalah …
a. 1, 3 dan 5
b. 1, 4 dan 5
c. 1, 5 dan 6
d. 2, 3 dan 6
e. 2, 4 dan 6

JWB: D

Pembahasan:

  • Mangga merupakan contoh tanaman dikotil
  • Tanaman dikotil memiliki ciri-ciri sebagai berikut 
  1. Biji berkeping dua
  2. Berarkar tunggang
  3. Tulang daun menjari/menyirip
  4. Berdaun tunggal, majemuk
  5. Daun tidak berpelepah
  6. Duduk daun tersebar atau berkarang
  7. Batang berkambium
  8. Ruas batang tidak jelas
  9. Batang semakin ke ujung semakin kecil, bunga berkelipatan 4 atau 5
  10. Berkas pengangkut berbentuk cincin dan tersusun teratur.

7. Perhatikan siklus hidup cacing hati (Fasciola hepatica) di bawah ini!

Nomor 1 dan 2 dari siklus tersebut adalah ....
a. mirasidium dan redia
b. misrasidium dan onkosfera
c. redia dan sercaria
d. sercaria dan metasercaria
e. sercaria dan onkosfera

JWB: A

Pembahasan:

Daur hidup dari cacing hati (Fasciola hepatica) adalah sebagai berikut

(1)Telur – (2) mirasidium – (3)sporosista– (4)redia – (5)serkaria – (6)metaserkaria – (7)cacing dewasa

8. Perhatikan stabel di bawah ini!

Kelas Vertebrata
Anggota depan
Cara berkembang biak
Suhu Tubuh
Kulit
P
Kaki
Ovipar
Poikiloterm
Licin
Q
Sirip
Ovipar
Poikiloterm
Bersisik
R
kaki
VIvipar
Homoioterm
Berambut
S
Kaiki
Ovipar
Poikiloterm
Bersisik
T
Sayap
Ovipar
Homoioterm
Berambut

Dari tabel di atas, yang termasuk kelompok amfibia adalah ....
a. P
b. Q
c. R
d. S
e. T

JWB: A

Pembahasan:

Ciri-ciri amfibi adalah kulit tidak bersisik yang selalu basah dan berlendir (licin); alat pernapasannya berupa berupa paru-paru, rongga mulut, dan kulit; alat geraknya berupa kaki; berkembangbiak dengan bertelur (ovipar) dan pembuahannya terjadi diluar tubuh; dan poikiloterm (suhu tubuh kira-kira sama dengan lingkungannya). Jadi dari tabel di atas, yang termasuk kelompok amphibi adalah P.


9. Perhatikan bagan di bawah ini!


Pada jaring-jaring makanan tersebut di atas, ular menempati dua tingkat trofik yang berbeda, yaitu .....
a. Trophik I dan Trophik III
b. Trophik II dan Trophik III
c. Trophik III dan Trophik IV
d. Trophik I dan Trophik IV
e. Trophik III dan Trophik V

JWB: C

Pembahasan:



Pada rantai makanan tersebut diatas yang menempati tingkat trofi 1, 2, 3, dan 4 adalah 
Jadi ular menempati tingkat rofi III dan IV

10. Perhatikan gambar siklus Carbon berikut


Berdasarkan gambar, aktivitas yang berlabel X, Y dan Z secara berurutan adalah aktivitas ...
a. Fotosintesis, respirasi, dan oksidasi
b. Respirasi, fotosintesis, dan oksidasi
c. Fotosintesis, oksidasi, dan respirasi
d. Oksidasi, fotosintesis, dan respirasi
e. Respirasi, oksidasi, dan fotosintesis

JWB: A


Pembahasan:

Pada proses X, Y,Z, secara berurutan adalah fotosintesis, respirasi, dan oksidasi. Unsur karbon terdapat di atmosfer dalam bentuk gas CO2 yang masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Kemudian CO2 digunakan untuk membentuk glukosa melalui proses fotosintesis. Semua makhluk hidup melakukan respirasi yang menghasilkan CO2

11. Perluasan daerah perindustrian mengakibatkan semakin luasnya daerah yang mengalami hujan asam. Hujan asam ini terjadi karena kegiatan industry menghasilkan ….
a. CO2 yang berlebihan di udara
b. gas karbon dioksida yang dapat memantulkan radiasi inframerah ke bumi
c. gas CFC yang dapat berikatan dengan ozon
d. gas SO2 dan NO2 yang dapat bereaksi dengan komponen udara yang lain
e. bahan-bahan bersifat asam yang dikeluarkan bersama dengan asap pabrik

JWB: A

Pembahasan:

  • Sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen monoksida (NO) yang berlebihan di udara dapat menimbulkan hujan asam
  • Karbon monoksida (CO) berlebihan dalam tubuh manusia dapat menyebabkan kematian
  • Karbon dioksida (CO2) berlebihan di atmosfer bumi menyebabkan pemanasan global (efek rumah kaca)
  • Gas CFC berlebihan dapat mengakibatkan penipisan ozon (rusaknya ozon) dengan CFC O3 akan terurai menjadi Oksigen dan On sehingga tidak bisa lagi sebagai tabir sinar ultra violet intensitas tinggi  
  • Zat kimia yang bersifat karsinogen Dapat menyebabkan batuk kronis, kanker paru-paru, dan memengaruhi janin dalam kandungan

12. Perhatikan Gambar ini


Bagian yang berlabel X dan Y pada gambar struktur membran di bawah adalah ….
a. Lipida dan protein
b. Protein dan glikolipida
c. Glikolipid dan protein
d. Glikoprotein dan lipida
e. Protein dan Lipida

JWB: C
Pembahasan:


Pada gambar membrane sel, gambar X, Y, dan Z berturut-turut adalah glikolipid, protein, dan fosfolipid bilayer.
Fosfoliid itu dipastikan lemak yang mengandung phosphat 
Lemak sendiri tersusun atas Gliserol dan Asam lemak .
Gliserol sebagai kepala bersifat hidrofilik dan Asam Lemak sebagai ekor brrsentuhan dengan sitoplasma bersifat Hidrofobik tidak suka air OK

13. Pasangan antara jaringan hewan mamalia dan fungsinya adalah ....
a. Jaringan ini
berperan
Berfungsi melapisi atau menutupi permukaan nefron tubuh
b. Jaringan ini
berperan

Melakukan aksi terhadap rangsang
c. Jaringan ini
berperan
Membentuk antibody
d. Jaringan ini berperan 
Sebagai penyokong
e. Jaringan ini berperan

Menerima rangsang dari luar
JWB: A

Pembahasan:

  • Pada pilihan A adalah jaringan epitel kubus selapis yang berfungsi sebagai Pelindung, sekresi, dan absorbs
  • Pilihan B adalah jaringan epitel silindris berlapis banyak semu bersilia yang berfungsi untuk proteksi dan sekresi
  • Pilihan C adalah jaringan epitel transisional yang berperan sebagai proteksi terhadap perubahan volume organ, memberi bentuk organ dalam
  • Pilihan D adalah otot jantung dimana kontraksi otot jantung menyebabkan jantung menguncup dan mengembang
  • Pilihan E adalah sel darah putih/leukosit yang berfungsi membatu pertahanan tubuh/ melawan patogen

14. Pada lengan atas manusia terdapat otot bisep dan trisep yang bekerja secara antagonis, seperti tampak pada gambar berikut ini! 

Gerak ekstensi dapat terjadi apabila ….
a. Otot trisep dan bisep berkontraksi
b. Otot trisep dan bisep berelaksasi
c. Otot trisep kontraksi sedangkan otot bisep berelaksasi
d. Otot trisep relaksasi sedangkan otot bisep kontraksi
e. Otot trisep kontraksi sedangkan otot bisep tidak berubah

JWB: C

Pembahasan:

Gerak antagonis pada otot misalnya 
  • gerak ekstensi (gerak meluruskan) dan gerak fleksi membengkokkan
  • gerak ekstensi terjadi apabila otot bisep berelaksasi dan otot trisep berkontraksi
  • sedangkan gerak fleksi (gerak menekuk) terjadi apabila otot bisep berkontraksi dan otot trisep berelaksasi.
  • Otot bisep dibagian permukaan atas lengan sebaliknya Trisep dibagian bawah sisi sikut 
15. Perhatikan gambar

Penyumbatan pada arteri tersebut di atas disebut dengan ….
a. Jantung koroner
b. Embolus
c. Trombus
d. Arteriosklerosis
e. Atherosclerosis

JWB: D

Pembahasan:
  1. Jantung coroner, terbentuknya gumpalan darah dalam arteri koronaria sehingga aliran darah terganggu dan berkurang alirannya . Akibatnya, otot jantung kekurangan oksigen serta kontraksinya menjadi lemah sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung. Bisa terjadi deikian karna kasus trombus dan embolus 
  2. embolus adalah jenis tersumbatnya arteriol kapiler oleh gas dan Trombus adalah penymbatan arteriol kapiler jantung oleh benda padat misal darah yang membeku 
  3. Jika penyumbatan arteriol itu pada arteri carotis yang menuju ke otak maka jadi stroke , Jika ke arteriol Coronaria jantung berhenti berdetak 
  4. Arteriosclerosis adalah pengerasan pembuluh nadi karena timbunan atau endapan kapur, jadi ini yang tersumbat arterinya OK
  5. Aterosclerosis adalah penyumbatan pembuluh nadi atau arteri karena endapan lemak (bukan Kapilernya OK)
16. Perhatikan gambar


Proses pencernaan protein berlangsung pada bagian yang bernomor ... .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4


JWB: D

Pembahasan:

Pencernaan protein berlangsung pada lambung oleh pepsin 


  • Asam lambung (HCl) berfungsi mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin 
  • Pepsin memecah protein menjadi pepton
  • Renin hanya menggumpalkan Caseoinogen menjadi Casein
  • Di usus halus dua belas jari pemecah protein adalah tripsin 
  • Tripsin memecah pepton dari lambung menjadi monopeptida (asam amino). 
  • Lambung ditunjukkan oleh nomor 1 dan usus halus ditunjukkan oleh nomor 2.

17. Di bawah ini adalah pernyataan tentang mekanisme pernapasan :

  1. Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk naik, volume dada membesar, tekanan udara turun, dan udara masuk
  2. Otot diafragma mengkerut, volume ronga dada mengecil, udara keluar
  3. Otot antar tulang rusuk berelaksasi, tulang rusuk turun, volume rongga dada mengecil, tekanan bertambah, udara keluar
  4. Otot diafragma mendatar, volume rongga dada membesar, udara masuk
Pernyataan yang benar tentang mekanisme pernapasan dada adalah nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4 
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4

JWB: B

Pembahasan:

Pernapasan dada merupakan pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk. proses inspirasi dan ekspirasinya adalah sebagai berikut :

  1. Proses inspirasi: otot tulang rusuk berkontraksi à rongga dada membesar à paru-paru akan membesar, tekanan udara dalam rongga dada lebih kecil daripada tekanan diluar sehingga udara luar yang kaya O2 masuk 
  2. Proses Ekspirasi : otot antara tulang rusuk berelaksasi/tulang rusuk turun à rongga dada menjadi kecil à tekanan udara dalam rongga dada mejadi lebih besar à udara dalam rongga dada yang kaya CO2 keluar
18. Perhatikan diagram nefron ginjal berikut!


Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan bagian bernomor 5 adalah … .
a. Tubulus kolektivus, berlangsung proses augmentasi
b. Tubulus kontortus distal, berlangsung proses filtrasi
c. Lengkung Henle, berlangsung proses reabsorbsi
d. Tubulus kontortus proksimal, berlangsung proses reabsorbsi
e. Kapsula bowman, terjadi proses filtrasi

JWB: A

Pembahasan:
Nomor 1 adalah glomerulus, berlangsungnya proses filtrasi
Nomor 2 adalah kapsula Bowman, berlangsungnya proses filtrasi
Nomor 3 adalah tubulus kontortus proksimal, berlangsungnya proses reabsorbsi
Nomor 4 adalah lengkung henle ascendens, berlangsung proses reabsorbsi
Nomor 5 adalah tubulus kolektivus berlangsung proses augmentasi

REN

19. Perhatikan diagram telinga ini berikut!


Bagian yang ditunjuk oleh huruf X berfungsi untuk ....
a. Meneruskan getaran ke jendela oval
b. Meneruskan getaran ke osikula
c. Keseimbangan tekanan udara
d. Reseptor gravitasi
e. Reseptor suara

JWB: A

Pembahasan:
Bagian telinga yang ditunjuk oleh huruf X adalah rumah siput (koklea). Bagian ini berfungsi untuk meneruskan rangsang getaran bunyi (meneruskan getaran ke jendela oval)

20. Perhatikan gambar struktur ovarium di bawah ini




Bila siklus ovarium telah sampai pada bagian yang diberi tanda X maka yang akan terjadi adalah ….
a. peningkatan kadar estrogen dan progesteron yang diikuti dengan peluruhan pembuluh darah pada dinding endometrium
b. pelepasan telur dari ovarium ke tuba falopii
c. menurunnya kadar estrogen dan progesteron yang diikuti dengan peluruhan pembuluh darah pada dinding endometrium
d. meningkatan kadar estrogen dan penebalan pembuluh darah pada dinding endometrium
e. pematangan folikel primer dan oosit primer yang terdapat di dalamnya

JWB: D

Pembahasan:

Tanda X adalah Corpus Luteum. Yang akan terjadi pada Corpus Luteum adalah peningkatan kadar progesteron dan penghentian estrogen . 

Adanya Progesteron penebalan endometrium semakin baik bahkan akan terbentuk pembuluh darah pada dinding endometrium.
Progesteron juga membuat dinding endometrium melekat pada uterus semakin kokoh 

21. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang benar mengenai mekanisme antibody melemahkan penyakit adalah ….
a. Aglutinasi merupakan terbentuknya gumpalan-gumpalan yang terdiri dari struktur besar berupa antigen pada permukaannya, misalnya bakteri, atau sel darah merah
b. presipitasi dengan menutupi tempat-tempat yang toksik dari agen penyebab penyakit
c. netralisasi dengan menyerang membran sel agen penyebab penyakit sehingga menyebabkan sel tersebut rusak
d. lisis dengan terbentuknya protein besar antara antigen yang larut
e. fagosit dengan menghancurkan antibodi yang menyebabkan penyakit


JWB: A

Pembahasan:

Proses mekanisme antibody melemahkan penyakit adalah

  1. Aglutinasi merupakan terbentuknya gumpalan-gumpalan yang terdiri dari struktur besar berupa antigen pada permukaannya, misalnya bakteri, atau sel darah merah
  2. Presipitasi, terbentuknya molekul yang besar antara antigen yang larut, misalnya racun tetanus dengan antibodi sehingga berubah menjadi tidak larut dan akan mengendap 
  3. Netralisasi, antibodi yang bersifat antigenik akan menutupi tempat-tempat yang toksik dari agen penyebab penyakit. 
  4. Lisis, beberapa antibodi yang bersifat antigenik yang sangat kuat kadang-kadang mampu langsung menyerang membran sel agen penyebab penyakit sehingga menyebabkan sel tersebut rusak. Kekebalan pada tubuh manusia terdiri atas kekebalan bawaan dan kekebalan buatan
22. Perhatikan tabel hasil percobaan yang berjudul ”Pengaruh pupuk dan media tanam terhadap penambahan jumlah daun tanaman Anthurium sp. selama 1 bulan”:
Pot
Media Tanam
Pupuk
Penambahan Daun
1
Potongan pakis dan sekam
Tanpa pupuk
2
2
Pakis kasar
Urea
0
3
Pakis dan sekam
NPL (2:2:1)
6
4
Pakis kasar
Pupuk kandang
3
5
Pakis kasar dan sekam
ZA
4

Berdasarkan percobaan tersebut yang menjadi variabel terikat adalah ....
a. penambahan jumlah daun
b. macam-macam media tanam
c. macam-macam pupuk
d. campuran media tanam
e. konsentarasi pupuk

JWB: A

Pembahasan:

Dalam penelitian terdapat tiga jenis variabel yaitu:

  • Variabel bebas : yaitu variabel yang bisa diubah-ubah sesuai dengan perlakuan yang akan dilakukan dalam penelitian tersebut, pada judul ”Pengaruh pupuk dan media tanam terhadap penambahan jumlah daun tanaman Anthurium sp” , macam pupuk dan media tanam merupakan variabel bebas.
  • Variabel terikat : yaitu variabel yang akan diukur akibat perlakuan yang diberikan, pada judul ”Pengaruh pupuk dan media tanam terhadap penambahan jumlah daun tanaman Anthurium sp” , penambahan jumlah daun tanaman Anthurium sp merupakan variabel terikat.
  • Variabel kontrol : yaitu variabel yang juga berpengaruh dalam penelitian dan harus dikontrol selalu sama dalam semua kelompok perlakuan, agar penelitian yang dilakukan hanya dipengaruhi oleh variasi dari variabel bebas (perlakuan). Pada judul ”Pengaruh pupuk dan media tanam terhadap penambahan jumlah daun tanaman Anthurium sp”, yang meupakan variabel kontrol adalah jumlah penyiraman air, ukuran pot, kualitas bibit, pencahayaan, dll.
Macam-macam media tanam
  • macam-macam media tanam merupakan variabel bebas, variabel yang diubah-ubah sesuai dengan perlakuan yang akan diberikan.
  • macam-macam pupuk : macam-macam pupuk merupakan variabel bebas, variabel yang diubah-ubah sesuai dengan perlakuan yang akan diberikan.
  • campuran media tanam : campuran media tanam merupakan variabel bebas, variabel yang diubah-ubah sesuai dengan perlakuan yang akan diberikan
  • konsentarasi pupuk : konsentrasi pupuk merupakan variabel bebas, variabel yang diubah-ubah sesuai dengan perlakuan yang akan diberikan
23. Perhatikan grafik hubungan aktivasi energi dengan enzim!



Pernyataan yang benar tepat berkaitan dengan grafik di atas adalah….
a. Enzim tidak mempengaruhi aktivitas sel sehingga reaksi kimia relatif tetap
b. Enzim mengurangi energi aktivasi sehingga reaksi kimia dapat berlangsung cepat
c. Enzim meningkatkan energi aktivasi sehingga reaksi kimia berlangsung lambat
d. Enzim meningkatkan suhu dalam sel sehingga aktivasinya menjadi tinggi
e. Enzim menghambat jalannya reaksi kimia pada suhu rendah

JWB: B

Pembahasan:
Enzim disebut biokatalisator, mengkatalis reaksi dengan meningkatkan kecepatan reaksi. 

Dengan meningkatkan kecepatan reaksi akibat adanya enzim maka enzim membuat energi aktivasi yang digunakan dalam proses reaksi menjadi turun.
Nasi amilum yang dilembutkan akan lama dan sulit untk menjadi glukosa bisa namun memerlukan energi besar dengan diludahi nasi yang dilembutkan tadi akan segera dengan cepat menjadi Glukosa

24. Perhatikan skema respirasi aerob berikut ini!


Tahapan respirasi dan molekul kimia yang ditunjukkan Y dan X secara berurutan adalah .....
a. dekarboksilasi oksidatif ,asam piruvat
b. siklus Krebs , asam piruvat
c. glukosa, transpor elektron
d. asam piruvat, dekarboksilasi oksidatif
e. asam piruvat, transport electron

JWB: D

Pembahasan:
Respirasi aerob terbagi menjadi 4 tahapan reaksi, glikolisis memecah senyawa glukosa (C6) menjadi 2 asam piruvat (C3) dan menghasilkan 2 ATP, 2 NADH. Tahap selanjutnya adalah tahap dekarboksilasi oksidatif atau reaksi antara, terjadi perubahan 2 asampiruvat (C3) menjadi 2 asetil Ko-A (C2) dan menghasilkan 2 NADH dan terjadi pelepasan 2 CO2. Tahap ketiga adalah siklus krebs dimana terjadi perubahan 2 asetil Ko-A (C2) menjadi senyawa (C1) disertai dengan pembebasan 4CO2, 2 ATP, 6 NADH dan 2 FADH2.

25. Perhatikan gambar kloroplas


Proses yang terjadi pada nomor 4 dan 5 berurutan yaitu .....
a. fotolisis air dengan energi matahari dan pengikatan CO2 oleh RuBP yang tidak memerlukan cahaya
b. pembentukan glukosa dari senyawa PGAL dan fotoposporilasi menghasilkan ATP, NADPH
c. reduksi senyawa PGA menjadi PGAL dan regenerasi senyawa PGAL menjadi RuBP
d. fiksasi molekul CO2 oleh senyawa RuBP tanpa cahaya dan pembentukan glukosa dari senyawa PGAL
e. fotolisis air menjadi H+ + ½ O2 dan fotoposporilasi menghasilkan ATP dan NADPH

JWB: A

Pembahasan:

Gambar di atas merupakan organel khloroplas, tempat terjadinya fotosintesa. Bagian-bagian khloroplas sebagai berikut :
1. Membran luar
2. DNA
3. Butir amilum
4. Grana yang merupakan tumpukan dari membrane tilakoid
5. Stroma
Fotosintesa terbagi menjadi dua tahapan reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang terjadi di grana atau di tumpukan membrane tilakoid. Beberapa hal yang terjadi dalam reaksi terang yaitu penangkapan energi cahaya oleh molekul klorofil, khlorofil teraktifasi sehingga akan mendorong terjadinya eksitasi electron khlorofil, terjadi aliran electron melalui jalur siklik dan non siklik dan pada akhirnya akan menghasilkan energi dalam bentuk ATP dan NADPH serta fotolisis air yang akan membebaskan O2. Reaksi gelap terjadi di stroma, terbagi menjadi 3 tahapan reaksi yaitu tahap fiksasi, terjadi pengikatan 6 CO2 oleh senyawa 6 RuBP dan membentuk senyawa 12 PGA (fosfogliserat). Tahap kedua merupakan tahap reduksi, 12 PGA akan menggunakan 12 ATP akan membentuk 12 DPGA (difosfogliserat) dan akan melepaskan 12 ADP. Dilanjutkan dengan penangkapan sepasang electron dan H+ dari NADPH, akan membentuk senyawa 12 PGAL(fosfogliseraldehid). Tahap ketiga adalah tahap regenerasi, 2 PGAL akan disintesis membentuk senyawa glukosa (C6H12O6), sedangkan 10 PGAL dengan mengkonsumsi 6 ATP akan meregenerasi lagi senyawa 6 RUBP.

26. Pada proses fermentasi (peragian), glukosa mengalami glikolisis menjadi asam piruvat, kemudian asam piruvat diubah menjadi etanol, dan dihasilkan 2ATP. Mengapa jumlah ATP yang dihasilkan proses fermentasi lebih sedikit dibandingkan dengan respirasi aerob?
a. ketiadaan O2, meniadakan NADH dan FADH2 sebagai akseptor elektron penghasil energi
b. asam piruvat langsung dirombak menjadi alkohol tanpa adanya reaksi antara yang menghasilkan energi
c. energi yang dihasilkan dalam glikolisis habis digunakan untuk membentuk alkohol
d. alkohol menjadi produk reaksi kimia yang menyimpan energi dalam jumlah sedikit
e. alkohol produk yang terlalu cepat dihasilkan sebelum NADH dan FADH2 diperoleh dalam perjalanan reaksinya

JWB: A

Pembahasan:

Dalam proses fermentasi alcohol (peragian) glukosa akan dioksidasi dan hanya menghasilkan energy yang sangat kecil (2ATP), sedangkan dalam respirasi aerob akan dihasilkan 38 ATP. Ketiadaan oksigen dalam respirasi anaerob menyebabkan proses oksidasi menjadi tidak sempurna, yang terjadi hanya proses glikolisis dan akan menghasilkan 2 asam piruvat, 2 ATP dan 2 NADH. Tahap selanjutnya adalah dekarboksilasi asam piruvat, dengan melepaskan satu gugus karboksil dalam bentuk CO2, dan akan membentuk 2 Asetaldehid . Proses selanjutnya adalah regenerasi NAD+, 2 NADH akan memberikan sepasang electron dan H+ ke asetaldehid dan akan membentuk alcohol (C2H5OH) merupakan senyawa karbon yang masih reduktif. Proses pemecahan lebih lanjut tidak bisa terjadi dengan tidak adanya oksigen.

27. Perhatikan gambar sepotong molekul DNA !


Bagian yang bernomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah ....
a. Guanin, Deoksiribosa, Phospat dan Adenin.
b. Sitosin, Ribosa, Hidrogen dan Timin
c. Timin, Ribosa, Phospat dan Sitosin
d. Adenin, Deoksiribosa, Phospat dan Guanin.
e. Urasil, Deoksiribosa, Hidragen dan Adenin.

JWB: A

Pembahasan:

Keterangan gambar fragmen DNA
1. Basa nitrogen Cytosin atau Guanin
2. Gula Deoksiribosa
3. Gugus phosphate
4. Basa nitrogen Adenin atau Timin

Basa nitrogen penyusun DNA terdiri atas basa purin yaitu basa guanine dan adenine, basa pirimidin yaitu sitosin dan timin. Dalam membentuk ikatan antar basa, basa purin akan berpasangan dengan basa pirimidin. Basa Adenin berpasangan dengan basa Timin yang dihubungkan oleh dua ikatan hidrogen. Basa Cytosin berpasangan dengan basa Guann yang dihubungkan oleh tiga ikatan hidrogen.

28. Tahapan sintesis protein meliputi transkripsi dan translasi, komponen-komponen yang dibutuhkan dalam proses tersebut meliputi .... .
(1) RNA R
(2) RNA t
(3) DNA
(4) Enzim Polimerase
(5) RNA d
(6) Asam Amino

Urutan yang tepat sehingga terbentuknya enzim dalam proses sintesis protein adalah ... .
a. 4, 3, 1, 6, 2, 5
b. 4, 3, 1, 2, 6, 5
c. 4, 3, 2, 5, 6, 1
d. 4, 3, 5, 1, 2, 6
e. 4, 3, 5, 2, 1, 6

JWB: D

Pembahasan:
Urutan proses sintesis protein:

  1. Enzim DNA polymerase akan memulai dan mengendalikan terjadinya proses Transkripsi
  2. DNA yang membawa kode gen (untai anti sense) mentranskripsi diri
  3. Hasil transkripsi berupa RNAd (kodon), akan bergerak keluar nucleus menuju sitoplasma dan ke ribosom
  4. Ribosom sebagai organel tempat terjadinya sintesis protein komponen terbesarnya adalah RNAr
  5. RNAt akan melakukan translasi, mengenali kodon yang dibawa RNAd
  6. RNAt akan membawa asam amino yang sesuai dengan urutan kodon, dari sitoplasma menuju ribosom, dirangkai dan dihubungkan oleh ikatan peptide dan akan membentuk polipeptida atau protein.

29. Perhatikan gambar suatu fase pembelahan mitosis !

Tahapan dan proses perubahan yang terjadi sesuai gambar adalah ….
a. Profase, benang kromatin memendek-menebal dan membran inti menghilang
b. Metafase, kromosom berjajar berbaris dibidang pembelahan atau ekuator
c. Anafase, benang spindel menarik kromosom menuju kutub pembelahan sel
d. Telofase, terjadi penggentingan di bidang pembelahan sel dan membrane inti terbentuk kembali
e. Interfase, terjadi duplikasi DNA, penghimpunan energi pembelahan sebesar-besarnya

JWB: C

Pembahasan:
Tahapan dalam pembelahan mitosis adalah profase, metafase, anafase dan telofase.

  1. Profase dicirikan dengan terjadinya degenerasi membran inti dan nukleolus, terbentuk benang-benang spindel, sentriol membelah dan bergerak ke kutub yang berlawanan, kromatin berubah menjadi kromosom.
  2. Metafase, masing-masing kromosom terikat pada benang spindel dan terletak di bidang ekuator
  3. Anafase, terjadi pembelahan sentromer dan kromatid bergerak ke kutub yang berlawanan
  4. Telofase, terjadi pembentukan kembali membran inti dan nukleolus, kromosom berubah menjadi kromatin kembali, terjadi sitokinesis dan dihasilkan 2 sel anakan dengan sifat 2n,1c.



30. Warna bulu hitam pada kucing dikendalikan oleh gen H yang dominan terhadap gen bulu putih (h). Perkawinan dua ekor kucing menghasilkan keturunan F1 dengan ratio fenotip 100% berwarna hitam. Jika keturunan F1 disilangkan dengan induknya berwarna putih, maka kemungkinan fenotip keturunan F2 nya adalah ....
a. Hitam = 100%
b. Putih = 75 %
c. Hitam : Putih = 75% : 25%
d. Hitam : Putih = 50% : 50%
e. Hitam : Putih = 25% : 25%

JWB: D

Pembahasan:


31. Ayam jantan berpial walnut (sumpel) bergenotip RrPp dikawinkan dengan ayam berpial ros (gerigi) bergenotip Rrpp. (R_P_ =walnut, R_pp = ros, rr P_ = biji, rrpp = bilah). Persentase keturunan ros sebanyak ….
a. 100%
b. 50 %
c. 37,50%
d. 25%
e. 12,5%

JWB: E

Pembahasan:



32. Perhatikan peta silsilah pewarisan buta warna!

Individu nomor 3 dan 4 berturut-turut memiliki genotip ....
a. XbwY dan XX
b. XbwY dan XXbw
c. XY dan XXbw
d. XY dan XbwXbw
e. XbwY dan XbwXbw

JWB: C

Pembahasan:
Buta warna merupakan penyakit kelainan genetik tertaut kromosom X dan bersifat resesif.
Individu 1 dengan genotip : XbwY
Individu 2 dengan genotip : XBWXBW
Individu 3 dengan genotip : XBWY
Individu 4 dengan genotip : XBWXbw
Individu 5 dengan genotip : XBWY
Individu 6 dengan genotip : XbwY

33. Perhatikan gambar mutasi kromosom berikut!


Mutasi yang terjadi dari 1 ke 2 adalah ….
a. Translokasi
b. Duplikasi
c. Inversi
d. Transisi
e. Transversi

JWB: B

Pembahasan:

  • Translokasi : fragmen suatu kromosom yang patah bergabung dengan kromosom non homolog
  • Duplikasi : fragmen suatu kromosom yang patah bergabung dengan kromosom homolog
  • Inversi : fragmen kromosom yang patah akan melekat lagi pada kromosom asalnya tetapi susunannya menjadi terbalik
  • Transisi : substitusi basa pada suatu nukleotida, dimana basa purin (Adenin dan Guanin) digantikan oleh basa purin, dan atau basa pirimidin digantikan oleh basa pirimidin (Cytosin dan Timin) .
  • Transversi : substitusi basa pada suatu nukleotida, dimana basa purin (Adenin dan Guanin) digantikan oleh basa pirimidin (Cytosin dan Timin), dan atau basa pirimidin digantikan oleh basa purin.
34. Louis Pasteur melakukan eksperimen dengan bejana labu leher angsa (S) untuk membuktikan argumen teori Biogenesis yang didukungnya. Pernyataan berikut yang menjelaskan percobaan Louis Pasteur tersebut adalah…
a. makhluk hidup berasal dari zat-zat hidup yang ada di atmosfer alam purba
b. belatung berasal dari lalat yang hinggap pada daging untuk bertelur
c. makhluk hidup pertama diciptakan secara sempurna oleh kekuatan Tuhan
d. mikroorganisme yang terbawa bersama udara masuk kedalam air kaldu seiaan dalam bejana labu
e. air kaldu dalam bejana labu yang terbuka bereaksi dengan udara sehingga menghasilkan belatung

JWB: D

Pembahasan:

Percobaan Louis Pasteur yang menggunakan tabung leher angsa, melengkung dua kali sehingga kalau ditegakkan akan menyebabkan mikroorganisme dari udara tidak dapat masuk mencapai kaldu meskipun udara tetap masuk, mikroorganisme terperangkap di lengkungan pipa, sehingga air kaldu tetap jernih. Tetapi apabila pipa leher angsa dimiringkan sampai kaldu keluar dari ujung pipa, lalu dibiarkan tegak, ternyata kaldu menjadi keruh yang berarti mikroba berasal dari udara sewaktu labu miring.

35. Mekanisme evolusi terjadi pada suatu populasi sepesies makhluk hidup dari generasi ke generasi selanjutnya karena adanya perubahan keseimbangan frekuensi genotip dan gen. Hardy-Weinberg menyatakan bahwa keseimbangan frekuensi genotip AA, Aa, aa, dan perbandingan alel A san a selalu akan sama dengan syarat sebagai berikut, kecuali ....
a. jumlah individu dalam populasi besar
b. kemungkinan terjadinya mutasi A ke a, atau sebaliknya sama besar
c. perkawinan genotip yang satu dengan genotip lainnya berlangsung secara acak
d. genotip AA, Aa, dan aa mempunyai viabilitas dan fertilitas yang sama besar
e. terjadi migrasi besar-besaran

JWB: E

Pembahasan:

Hukum kesetimbangan frekuensi alel, atau syarat berlakunya hukum hardy weinberg adalah:

  1. Ukuran populasi harus cukup besar
  2. Populasi tersebut terisolasi atau tidak boleh terjadi migrasi
  3. Jumlah mutasi Aàa setimbang dengan aàA, atau tidak terjadi mutasi
  4. Perkawinan terjadi secara acak
  5. Kemampuan reproduksi antar individu sama
  6. Setiap individu mempunyai viabilitas yang sama
  7. Tidak terjadi seleksi alam

36. Perhatikan pernyataan berikut:
1. Fusi sel
2. Rekombinasi DNA
3. Teknologi plasmid
4. Transplantasi inti
Rekayasa genetika dapat dilakukan untuk mengubah sifat mahkluk hidup dengan cara mengubah materi genetik melalui...
a. 1 dan 2 saja
b. 1 dan 3 saja
c. 2 dan 3 saja
d. 1, 2 dan 3
e. 1, 2, 3 dan 4

JWB: D

Pembahasan:

  1. Fusi sel, mengambil 2 sel dari jaringan yang berbeda pada organisme untuk dilebur (fusi) menjadi sel tungga, yaitu sel hibridl. Fusi sel disebut juga teknologi hibridoma.
  2. Rekombinasi DNA, memanipulasi mikroorganisme dengan menyisipkan sifat yang diinginkan ke dalam molekul DNA yang dimiliki, dan akan mengekspresikan sifat DNA baru yang disisipkan.
  3. Teknologi plasmid, menggabungkan gen baru (potongan DNA suatu organisme) pada plasmid bakteriuntuk ditransformasi ke organisme target. DNA plasmid sebagai vektor dalam pemindahan DNA.
  4. Transpantasi inti, dilakukan dengan mencangkokkan inti atau nukleus dari sel somatis(2n) ke dalam sel telur yan sudah dirusak intinya. Dengan demikian tidak akan dihasilkan rekombinasi baru, tetapi akan persis dengan sifat yang dibawa oleh inti yang ditranspantasikan. Transpaln inti disebut juga klona transfer inti.
37. Contoh bioteknologi yang bersesuaian antara bahan, mikroorganisme, teknologi, dan produk yang dihasilkan, yaitu ....
a. kotoran hewan, Methanobacterium sp, fermentasi, SCP
b. air kelapa, Acetobacter xylinum, fermentasi, yoghurt
c. bahan tambang, Thiobacillus ferooxidans, oksidasi senyawa besi, bijih besi
d. limbah tumbuhan, Methylophilus methylotropus, fermentasi, biogas
e. tanaman kapas, Bacillus turingiensis, kultur jaringan, kapas Bt

JWB: C

Pembahasan:

  • Kotoran hewan dan limbah organik dapat menjadi media fermentasi oleh bakteri Methanobacterium sp dan akan dihasilkan gas metana atau biogas.
  • Air kelapa dapat menjadi media fermentasi Acetobacter xylinum dan akan dihasilkan nata de coco.
  • Thiobacillus ferooxidans dapat ditumbuhkan dalam lingkungan yang mengandung logam besi, akan menghasilkan asam dan mengoksidasi bijih besi disertai pemisahan atau pengendapan logam besinya.
  • Methylophilus methylotropus yang ditumbuhkan pada metanol, limbah pertanian dapat menghasilkan SCP (single cell protein)
  • Bacillus turingiensis merupakan bakteri yang mampu menghasilkan racun mematikan bagi serangga, dengan rekayasa genetika dapat dipakai untuk membuat tanaman kebal terhadap hama ulat/serangga.
38. Salah satu dampak negatif penerapan bioteknologi secara luas adalah...
a. dihasilkannya tanaman tahan hama dan penyakit
b. dihasilkannya tanaman yang bisa memupuk dirinya sendiri
c. maknan produk bioteknologi dapat bersifat karsinogenik bagi sel-sel tubuh
d. hasil panen yang seragam dengan kualitas yang terjaga
e. rekombinasi gen dapat memicu munculnya penyakit baru

JWB: E

Pembahasan:

Dampak negatif bioteknologi antara lain :

  • Rusaknya ekosistem dan gangguan keseimbangan lingkungan, misalnya tanaman kapas Bt selain menyebabkan matinya hama ulat yang memakannya juga menyebabkan larva kupu-kupu mati
  • Hilangnya plasma nutfah, plasma nutfah atau keragaman mahkluk hidup dapat musnah akibat budidaya hewan atau tumbuhan yang unggul saja.
  • Alergi, gen asing yang disisipkan pada organisme yang menjadi bahan makanan manusia dapat menyebabkan alergi.
  • Lompatan gen, rekombinasi gen secara alamiah di alam tanpa sengaja dapat memunculkan strain baru yang sifat dan karakternya tidak dapat diduga

KLIK
KLIK LAGI

INI KISI UN BIOLOGI 2014

  1. Disajikan permasalahan dari objek biologi bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya
  2. Siswa dapat menjelaskan peran virus tertentu dalam kehidupan/ Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan
  3. Siswa dapat mengidentifikasi anggota/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya / Siswa dapat mengidentifikasi anggota/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya / Siswa dapat mengidentifikasi anggota/kelompok jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya
  4. Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan/tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  5. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu / Disajian contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan          
  6. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya  
  7. Disajikan daur hidup invertebrata tertentu  siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya                7
  8. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/ kelompok  vertebrata tertentu pada suatu tingkatan takson              
  9. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentut, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya 
  10. Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
  11. Siswa dapat menjelaskan dampak  pencemaran/perubahan lingkungan
  12. Siswa dapat menjelaskan peristiwa tertentu yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membran               
  13. Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
  14. Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya  
  15. Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi, siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja otot  yang terjadi
  16. Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung / Siswa dapat menjelaskan  penyakit/gangguan system peredaran darah
  17. Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi yang terjadi       
  18. Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan dada/ Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya / Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya     
  19. Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron / Dsajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system ekskresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya     
  20. Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf / Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung      
  21. Siswa dapat menjelaskan mekanisme pembentukan ovum/menstruasi pada wanita/ Siswa dapat menjelaskan organ reproduksi dan fungsinya pada laki-laki
  22. Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody            
  23. Disajikan percobaan pertumbuhan pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan               
  24. Disajikan deskripsi/data hasil percobaan kerja enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim/sifat enzim    
  25. Disajikan diagram/deskripsi katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan tahapan prosesnya         
  26. Disajikan deskripsi/gambar/diagram proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan 
  27. Disajikan deskripsi/gambar/diagram tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi/hasil yang diperoleh 
  28. Disajikan deskripsi/gambar/diagram respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi/hasil yang diperoleh 
  29. Disajikan gambar/tabel/deskripsi polinukleotida DNA dan atau RNA, siswa dapat menjelaskan strukturnya
  30. Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi          
  31. Disajikan deskripsi/gambar tahapan mitosis dan atau meiosis, siswa dapat menjelaskan perubahan yang terjadi  
  32. Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida yang ditentukan, siswa dapat mengintepretasi  hasil persilangannya
  33. Disajikan deskripsi persilangan semu Hukum Mendel yang ditentukan, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan        
  34. Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun yang ditentukan, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut           
  35. Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi             
  36. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi       
  37. Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu      
  38. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi konvensional/modern tertentu      
  39. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern        
  40. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan   




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEDOMAN UN 2016 BIOLOGI "

Posting Komentar