KISI KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 7
SOAL MID SEMESTER 1 IPA BIOLOGI FISIKA KELAS 7
MATERI  |    INDIKATOR  |    NO SOAL  |   
1  |    2  |    3  |   
Gejala   alam biotik dan abiotik (kerja Ilmiah)  |   Siswa   dapat  membedakan gejala alam   biotik  dan aboitik  |   1  |  
Mikroskop  |   Siswa   dapat menyebutkan  jenis  mikroskop    berdasarkan  ciri-cirinya  |   2  |  
Siswa dapat menyebutkan  fungsi    dari  bagian  mikroskop  |   3  |  |
Siswa  dapat     menyebutkan  bagian  optic    mikroskop  |   4  |  |
Siswa   dapat menentukan perbesaran yang digunakan jika ditentukan perbesaran lensa   okuler dan perbesaran lensa objektif  |   5  |  |
Siswa dapat mengidentifikasi jenis preparat   ditinjau dari  daya  tahan    preparat  |   6  |  |
Siswa dapat mengidentifikasi jenis preparat   ditinjau dari cara pembuatan preparat  |   7  |  |
Keselamatan kerja  |   Siswa dapat  menyebutkan    fungsi alat  yang terdapat  di    laboratorium  |   8  |  
Siswa dapat menjelaskan makna    simbol-simbol dalam bahan kimia dalam laboratorium berdasarkan gambar   yang disajikan  |   9  |  |
Siswa dapat    menyebutkan  nama  bahan    kimia  berdasarkan Ciri-ciri  yang    disebutkan    |   10  |  |
Siswa dapat menyebutkan    alat  pemadam  yang tepat    sesuai  jenis  kebakarannya  |   11  |  |
Siswa dapat menjelaskan    pengertian  unsur    |   12  |  |
Siswa dapat memberikan    contoh  unsur  non    logam  |   13  |  |
Siswa   dapat memberikan  contoh  molekul    unsur  |   14  |  |
Di   sajikan  suatu  senyawa    siswa  dapat  menghitung jumlah atom  yang    terdapat  dalam  senyawa    tersebut  |   15  |  |
Unsur senyawa dan campuran  |   Siswa dapat  menjelaskan    pengertian  campuran  homogen  |   16  |  
Siswa dapat membedakan  pelarut    dan  zat  terlarut  |   17  |  |
Siswa   dapat  memberikan   contoh    koloid  |   18  |  |
Siswa   dapat  memberikan  contoh    campuran  heterogen  |   19  |  |
Siswa dapat menuliskan    rumus  senyawa  yang sering digunakan  dalam    kehidupan sehari-hari  |   20  |  |
Bahan  -bahan    kimia  yang  sering    digunakan  |   Siswa  dapat    menyebutkan  nama  bahan    kimia  yang  sering    digunakan  di  laboratorium  berdasarkan ciri-ciri dan fungsinya  |   1  |  
Gejala  alam    biotik dan abiotik  |   Siswa  dapat    menyebutkan  gejala  alam    sesuai  data  yang diberikan  |   2  |  
Simbolkeselamatan  kerja dan cara memperlakukanya  |   Siswa  dapat    menjelaskan  cara  memperlakukan  bahan    kimia  tertentu  sesuai jenisnya  |   3  |  
Unsur  logam    dan  nonlogam   |   Siswa  dapat    menjelaskan nama unsur    antara  unsur  logam dan    non logam  |   4  |  
Siswa  dapat    menyebutkan  unsure logam dan   nonlogam berdasar ciri-ciri yang  ada  |   5  |  |
Besaran dan Satuan  |   Disajikan   tabel besaran - besaran fisika  dalam   kehidupan sehari - hari, satuan (dalam SI) dan alat ukurnya, siswa dapat mengelompokkan   ke dalam besaran pokok dan besaran turunan secara tepat  |   21  |  
Siswa   dapat menyebutkan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan  |   22  |  |
Siswa   dapat membedakan jenis – jenis alat ukur dasar besaran pokok dan besaran   turunan  |   23  |  |
Siswa   dapat menyebutkan kegunaan alat ukur dasar besaran pokok dan besaran turunan  |   24  |  |
Siswa   dapat menyebutkan perbedaan satuan baku dan tak baku  |   25  |  |
Siswa   dapat mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa dan waktu secara   sederhana  |   26  |  |
Siswa   dapat mengkonversi satuan besaran turunan secara sederhana  |   27  |  |
Siswa   dapat menyebutkan macam – macam besaran turunan dan satuan dalam sistem SI  |   28  |  |
Alat-alat   ukur besaran pokok (panjang, massa dan waktu) dan besaran turunan  |   Disajikan   sebuah data dan peristiwa, siswa dapat menerapkan konsep pengukuran dengan   berbagai alat ukur besaran pokok dan besaran turunan untuk memecahkan masalah   yang relevan dalam kehidupan sehari - hari  |   29 30  |  
Siswa   dapat menyebutkan tingkat ketelitian alat – alat ukur besaran pokok panjang  |   31  |  |
Disajikan   sebuah data dan/ gambar, siswa dapat menyebutkan hasil pengukuran dengan alat   ukur besaran pokok dengan benar  |   32 33 34  |  |
Disajikan   sebuah data dan/ gambar, siswa dapat menyebutkan hasil pengukuran dengan alat   ukur besaran turunan dengan benar  |   6  |  |
Suhu dan Pengukurannya  |   Siswa   dapat menyebutkan definisi dan alat ukur suhu dengan benar  |   35 36  |  
Siswa   dapat menyebutkan prinsip dasar pembuatan termometer  |   7  |  
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI  |   KOMPETENSI DASAR  |   MATERI POKOK  |   INDIKATOR  |   BENTUK SOAL  |   NO SOAL  |  
6.Memahami keaneka   ragaman    makhluk hidup  |   6.1.Mengidentifikasi cirri-   cirri makhlik hidup 6.2.Mengklasifikasikan   makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki. 6.3.Mendiskripsikan keragaman   pada sistem 0rganisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism. 6.2.Mengklasifikasikan   makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki. 6.3.Mendiskripsikan   keragaman pada sistem 0rganisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai   organisme.  |   Ciri-ciri makhluk hidup Klasifikasi makhluk hidup Organisasi kehidupan Klasifikasi makhluk hidup Organisasi kehidupan  |   1.Di sajikan gambar daur   hidup katak, siswa dapat menjelaskan cirri makhluk tersebut. 2. Disajikan cerita tentang   peristiwa makhluk hidup ,siswa dapat menjelaskan cirri tersebut 3. siswa dapat menyebutkan   tujuan perkembang biakan pada makhluk hidup 4. siswa dapat menjelaskan   arti dari autotrop 5. Siswa dapat membedakan   gerak pada tumbuhan dan gerak pada hewan 6. siswa dapat menyebutkan   ciri-ciri makhluk hidup 7. Disajikan cerita, siswa   dapat menyebutkan cirri  ekskresi 8. siswa dapat mengurutkan   tason dari tingkatan tinggi ke tingkatan rendah 9. Siswa dapat menjelaskan   nama ilmiah dan dapat menyebutkan nama genus/marga 10. disajikan data   cirri-ciri hewan ,siswa dapat menjelaskan hewan tersebut. 11. disajikan gambar   berbagai macam hewan ,siswa dapat mengelompokkan jenis hewan gastropoda 12. Siswa dapat menjelaskan   tujuan klasifikasi makhluk hidup. 13. Siswa dapat menjelaskan   cara penulisan nama ilmiah 14. Di sajikan data tentang   ciri hewan,siswa dapat menyebutkan jenis hewan berdasarkan cirri tersebut. 15. Siswa dapat  menjelaskan fungsi dari bagian bagian sel. 16. Siswa dapat mengurutkan   organisasi kehidupan mulai dari sel sampai organisme.  17. Siswa dapat menjelaskan   arti dari jaringan 18. Disajikan gambar sel ,   siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 19. Siswa dapat menyebutkan   fungsi organ pada tumbuhan 20. disajikan data, siswa   dapat menyebutkan bagian bagian sel hewan. 2. Siswa dapat menyebutkan   klasifikasi makhluk hidup  menurut   whittaker 3. siswa dapat membedakan   antara sel hewan dengan sel tumbuhan  |   Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan        Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan Pilgan       uraian uraian  |   21 22        23        24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 4 5  |  
0 Response to "KISI KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 7 "
Posting Komentar