BEDAH SKL UN 2011

Advertisement


Advertisement

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Kemampuan yang Diuji

Indikator

Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan

Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada keanekaragaman hayati Indonesia

Mampu mendeskripsikan tata cara penulisan binomial nomenklatur yang benar dari Carolus Linnaeus

Mampu menentukan kriteria penamaan tingkat takson

Mampu mengidentifikasi jenis mahluk dengan menggunakan kunci sederhana

Mampu mengidentifikasi daerah sebaran dengan jenis organisme yang ada

Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem

Mampu menentukan contoh-contoh kelompok organisme berdasarkan tingkat keanekaragaman hayati

Kunci dikotomi /identifikasi

Menjelaskan ciri-ciri virus, Kingdom Protista, Monera, dan fungi serta peranannya bagi kehidupan

Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan fungi serta peranannya bagi manusia

Mampu mendeskripsikan

ciri-ciri virus

siklus hidup virus

penyakit akibat virus bagi manusia, tumbuhan , hewan

Mampu Mendeskripsikan

Ciri bakteri

Penyakit bakteri

Peran positif bakteri

Mampu mendeskripsikan

Kelompok protozoa berdasarkan ciri yang ada

Peran protozoa

Mampu mendeskripsikan kelompok fungi berdasarkan ciri yang ada

Peranan fungi bagi kehidupan

Mampu mendeskripsikan kelompok Algae berdasarkan cirinya

Peran Alga bagi kehidupan

Mampu mendeskripsikan salah satu cara reproduksi dari Plasmodium

Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan

Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji

Mampu mendeskripsi

Daur hidup(metagenesis)

Lumut

Daur hidup Paku

Deskripsi Ciri Lumut

Deskripsi Ciri Paku

Deskripsi Ciri Spermatophyta

Mendeskripsikan daur hidup invertebrata

Mampu mendeskripsikan

daur hidup Coelenterata

daur hidup Cacing hati

daur hidup Cacing pita

daur hidup Serangga

daur hidup cacing tambag

Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata

Ciri dari PARAM

Aves

Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya

Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia

Mendeskripsikan aliran energi Daur Nitrogen

Daur carbon/oksigen

Rantai dan jaring makanan

Komponen Ekosistem

Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya

Efek polusi dari

-CO2

-NOx,SO2

-CFC

Eutrofikasi

Suksesi alam

Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan

Mampu membandingkan sel tumbuhan dan hewan

Peran organela dgn diberikan gambar

Mampu membedakan Osmose dan difusi dalam kasus/gambar pada sistem tubuh

Perbedaan Endositosis dan eksositosi

Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya

Mampu menentukan Jaringan penyusun

Organ Daun

Organ Akar

Organ Batang

berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan

Mengidentifikasi jaringan pada organ manusia beserta fungsinya

Mampu menentukan jaringan pada organ lambung ,usus, Jantung , pembuluh darah dengan ditujukkan oleh gambar

Menentukan ciri

Jaringan Epithel

Jaringan Otot

Jaringan Syaraf

Jaringan Tulang

Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi

Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada manusia

Tulang-otot

Mampu mendeskripsikan

Jenis sendi

Mekanisme gerak

otot bisep dan trisep

otot antagonis (flexor ,ekstensor dll) dalam gambar

Penyakit pada sistem gerak

Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya

Mampu mendeskripsikan jenis /komponen darah

Pembuluh darah vena /arteri

Sistem peredaran darah ganda

Pembekuan darah

Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia

Mendeskripsikan sistem pencernaan manusia dan identifikasi gangguannya

Mampu menganalisa makanan dalam uji makanana

Organ pencernaan dan

Peran enzim pencernaan dengan kelenjar penghasil dalam gambar

Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia

Mendeskripsikan sistem pernafasan manusia dan identifikasi gangguannya

Mampu menjelaskan pernafasan dada dan perut Mampu menunjukkan bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya

Difusi oksigen terjadi di alveolus dalam gambar

Mendeskripsikan sistem ekskresi manusia dan identifikasi gangguannya

Mampu mendeskripsikan proses pembentukan urine di nefron (dalam gambar)

mengidentifikasi jenis gangguan yang mungkin terjadi

gambar struktur ginjal dengan bagiannya

gambar sistem ekskresi kulit

Mendeskripsikan sistem regulasi manusia dan identifikasi gangguannya

Mampu menentukan arah gerak sadar / refleks dengan gambar

Gambar tubuh kelenjar/ penghasil hormon dengan perannya

Gambar sistem syaraf pusat dengan bagian dan perannya

Struktur dari neuron dengan perannya

Efek zat aditif pada syaraf

Ex

Mampu menentukan bagian dari gambar organ dengan peranan & kelainan pada

Mata

Telinga

Kulit

Lidah

Mendeskripsikan sistem reproduksi manusia dan identifikasi gangguannya

Mampu menentukan bagian dan perannya dari organ kelamin

Perempuan

Laki laki

Mampu menjelaskan Proses Menstruasi pada Wanita

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Mampu menjelaskan pengaruh fitohormon terhadap pertumbuan/perkembangan tanaman berdasarkan kasus yang terjadi

Pengaruh Faktor luar

Urutan Perkemb Hewan

Menginterpretasikan percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman

Mampu menyimpulkan hasil percobaan pertumbuhan tanaman ( Disajikan Tabel )

Mengidentifikasi jenis variable percobaan peneitian

Variable control , bebas , terikat

Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme

Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein

Mampu menganalisis dan/atau menyimpulkan hasil percobaan reaksi enzim katalase pada substrat H2O2

Prinsip kerja dari enzim dalam gambar maupun pernyataan

Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, lemak dan protein)

Mampu mendeskripsikan tahap , tempat dan hasil dari Glikolisis, DO , Siklus Krebs dan Transport elektron dalam sel

Mampu mendeskripsikan perbedaan reaksi anaerob dan aerob ( dari hasil )

Menenetukan tahap

dari fermentasi alkohol , cuka , asam laktat

Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya

Mampu mendeskripsikan

Struktur kloroplas dengan peran

Tahapan Fotosintesa Reaksi terang dan

Reaksi gelap dari produk , tempat pada kloroplas

Mampu menganalisa /mengambil kesimpulan berdasarkan data dari percobaan adanya reaksi fotosintesis

Ingenhose

Engelmann

Sachs

Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas

Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA, dan kromosom

Mampu mendeskripsikan susunan struktur DNA atau RNA

Menjabarkan proses sintesis protein

Mampu mendeskripsikan tahap-tahap sintesis protein

Trankripsi kode genetik

Translasi kode genetik

Sintesa protein ( tempat )

Disajikan gambar proses transkripsi dengan kode genetik DNA untuk dirubah ke RNA m – ke RNA t dll

Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan

Mampu menafsirkan perilaku kromosom pada setiap fase pembelahan sel berdasarkan sajian gambar atau skema yang terjadi

Siklus Sel

Membedakan pembelahan Mitosis dan miosis

Mampu mengidentifikasi peristiwa gametogenesis berdasarkan gambar yang disajikan

Oogenesis

Spermatogenesis

Mega/mikrosporogenesis

Pembuahan ganda pada angiospermae dalam gambar

Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum mendel

Mampu mendeskripsikan kasus persilangan hukum Mendel (Segregasi , assortasi)

Menentukan gamet

Ratio fenotif dan Genotif F2

Penyimpangan sem Mendel

Atavisme (interaksi gen)

Kriptomeri

Epistasis –hipostasis

Gen lethal

Alel Ganda

Pindah Silang

Mampu mendeskripsikan hukum hereditas berdasarkan kasus adanya cacat/sakit menurun pada keluarga

Albino

Butawarna

Pedigree Butawarna

Hemophily

Golngan darah

Thalesemia

Siklemia

Pedigree(peta silsilah)

Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya

Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan kasus atau skema yang disajikan

Mutasi gen : Delesi, insersi,substitusi

Mutasi kromosom

Abrasi :Delesi, duplikasi dll

Aneuploid/Aneusomi

Euploid

Mutagen dengan efeknya

Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains

Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannnya

Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan sajian/gambar/skema/kasus

Abiogenesis

Biogenesis : Louis Pasteur

Redy

Percobaaan Miller

Evolusi kimia ( Urey , Oparin)

Evolusi Biologi

Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi

Mampu menjelaskan fakta-fakta yang mendukung dan/atau mekanisme evolusi yang berlangsung

Fosil Kuda

Homologi

Organ Rudimender

Embryologi perbandingan

Analogi

Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannnya dengan kesetimbangan populasi

Mampu menjelaskan keseimbangan populasi (hukum Hardy-Weinberg)

- (P+Q)2

- (P+Q +R)2

Ketentuan penerapan hukum hardy Weinberg

Emas Menjelaskan prinsip,peran dan implikasi bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan

Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contohnya

Mampu menjelaskan hubungan antara organisme, proses, produk dalam Bioteknologi konvensional

- Pengolahan makanan

- Pertanian

- Obat

- Pemurnian logam

- Insektisida biologi

- Kultur jaringan

Bioteknologi modern

- Teknik Plasmid

- Teknik hibridoma

-antibodi monoklonal

- Cloning

Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan

Mampu menjelsakan implikasi dan/atau dampak bioteknologi dalam kehidupan manusia

Dampak negatif : tanaman transgenik,Cloning,

Dampak Positif : kedokteran, pangan, pertanian , peternaan dan pertambangan





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BEDAH SKL UN 2011"

Posting Komentar